Tautan-tautan Akses

Hampir 30 Orang Tewas Terinjak dalam Perayaan Keagamaan di India


Umat Hindu India menghadiri festival Hindu Maha Pushkaralu di tepi sungai Godavari di Rajahmundry, Andhra Pradesh, India (14/7).

Umat Hindu India menghadiri festival Hindu Maha Pushkaralu di tepi sungai Godavari di Rajahmundry, Andhra Pradesh, India (14/7).

Pihak berwenang di India mengatakan sedikitnya 27 orang tewas tewas terinjak-injak di tepi sungai saat para peziarah berkumpul untuk merayakan sebuah festival pemandian agama Hindu.

Insiden ini terjadi di negara bagian Andhra Pradesh di bagian selatan India, Selasa (14/7), saat puluhan ribu orang bergegas untuk berendam di Sungai Godavari. Puluhan lainnya terluka.

Perdana Menteri Narendra Modi di Twitter mengatakan "sangat sedih" dengan tragedi ini. Pemerintah daerah Andhra Pradesh mengatakan akan menawarkan $15.570 (Rp 207 juta) sebagai kompensasi bagi para korban.

Selasa menandai dimulainya festival Maha Pushkaralu, saat puluhan juta orang diperkirakan akan melakukan ziarah ke Sungai Godavari untuk beribadah selama 12 hari ke depan.

Desak-desakan seperti ini biasa terjadi di India selama berlangsungnya festival keagamaan, di mana kerumunan massa yang jumlahnya mencapai jutaan berkumpul di wilayah terbatas, menyulitkan para petugas keamanan.

XS
SM
MD
LG