Tautan-tautan Akses

Hampir 200 Migran Somalia Adakan Protes di Swedia


Unjuk rasa migran Somalia atas video rasis yang dimuat seorang anggota parlemen Swedia. Orebro, Swedia.

Unjuk rasa migran Somalia atas video rasis yang dimuat seorang anggota parlemen Swedia. Orebro, Swedia.

Akibat video yang dianggap rasialis yang dimuat dalam akun media sosial anggota parlemen Swedia, hampr 200 migran Somalia melakukan unjukrasa.

Hampir 200 orang migran Somalia mengadakan demonstrasi protes hari Sabtu setelah apa yang mereka katakan video rasialis yang dimuat dalam akun media sosial seorang anggota parlemen Swedia.

Protes di Orebro itu adalah sebagai tanggapan atas anggota Partai Kiri Amineh Kakabaveh yang kabarnya memuat video pada halaman Facebooknya tanggal 24 April. Video itu kabarnya juga memuat gambar-gambar orang Somalia dan menggunakan bahasa yang menggambarkan mereka sebagai orang-orang yang tidak dapat serasi dalam kehidupan bermasyarakat dan orang-orang yang IQ-nya rendah.

Kakabaveh segera menarik videonya pekan lalu. Dalam wawancara dengan suratkabar Swedia setempat, dia meminta maaf karena memuat klip video tersebut.

Ahmed Abdullahi Kaboole, seorang panitia protes itu, mengatakan kepada VOA demonstrasi itu menentang rasialisme dan Islamofobia.

“Kami datang untuk menunjukkan perasaan kami, dan kami marah atas komentar rasialis baru-baru ini dari Kakabaveh,” kata Kaboole. Ia mengatakan mereka juga menuntut agar ia mengundurkan diri atas insiden itu.

“Orang Somalia, migran dan Muslim lain sedang menghadapi diskriminasi rasial paling buruk dalam sejarah,” katanya menambahkan.

Namun, Kaboole mengatakan ada “orang Swedia yang baik yang mendukung kami dalam perjuangan untuk menentang pelanggaran hak-hak kami.” [gp]

XS
SM
MD
LG