Tautan-tautan Akses

Hampir 20 Persen Rakyat AS Yakin Obama Muslim


Persentase ini meningkat dibanding tahun lalu. Mereka yang yakin Obama seorang Muslim, mencela kinerjanya.

Delapan belas persen rakyat Amerika yakin presidennya, Barack Obama, adalah seorang Muslim. Demikian menurut hasil temuan Pusat Riset Pew, yang berbasis di Washington.

Sebuah jajak pendapat Majalah Time bahkan menunjukkan 24 persen warga Amerika mengatakan Obama adalah seorang Muslim. Jumlah orang Amerika dengan anggapan keliru itu meningkat dalam setahun ini.

Juru bicara Gedung Putih Bill Burton menanggapi jajak pendapat itu hari Kamis dengan mengatakan Presiden Obama adalah orang Kristen yang berdoa setiap hari. Obama juga telah mengeluarkan banyak pernyataan mengenai agama yang dianutnya.

Jajak pendapat Pusat Riset Pew yang dirilis hari ini mengindikasikan, hanya 34 persen warga Amerika yang tahu bahwa presiden Obama beragama Kristen. Warga AS dalam jumlah yang lebih banyak, 43 persen, menyatakan tidak tahu pasti agama yang dianut Obama.

Survei itu juga mendapati bahwa mereka yang menganggap Presiden Obama sebagai seorang Muslim, hampir semuanya menilai negatif kinerja Obama.

Agama Obama telah lama menjadi pokok bahasan di internet. Semasa Obama berkampanye sebagai presiden, para pencelanya kerap mempertanyakan signifikansi nama tengahnya, Hussein. Ayah Obama, almarhum Barack Hussein Obama Sr., terlahir di Kenya sebagai seorang Muslim.

XS
SM
MD
LG