Tautan-tautan Akses

Hamas Setujui Gencatan Senjata Tak Lama Setelah Pertempuran Mulai


Asap membumbung dalam serangan Israel di timur Gaza, 27 Juli 2014.

Asap membumbung dalam serangan Israel di timur Gaza, 27 Juli 2014.

Militan Hamas mengatakan mereka sekarang menyepakati gencatan senjata kemanusiaan baru selama 24 jam di Gaza, mulai pukul 02:00 waktu setempat (1100 UTC).

Israel belum menanggapi seruan gencatan senjata baru dari Hamas itu.

Hamas membuat pernyataan hari Minggu ini tak lama setelah Israel kembali menyerang Gaza menyusul serangan roket dari wilayah Palestina itu. Serentetan roket ditembak ke Israel dari Gaza beberapa jam sebelum gencatan senjata semula dijadwalkan berakhir.

Pihak militer mengatakan Minggu "mengingat gencarnya serangan roket Hamas sepanjang gencatan senjata kemanusiaan yang disepakati demi kesejahteraan penduduk sipil di Gaza, pasukan Israel, IDF, sekarang akan melanjutkan aktivitas udara, laut dan darat di Jalur Gaza."

Palestina mengatakan tiga orang telah tewas di Gaza sejak gempuran kembali aktif.

Pada hari Sabtu, Israel telah sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata 12 jam di Gaza selama 24 jam lagi, hingga Minggu tengah malam waktu setempat.

Namun, Israel mengatakan akan membalas tembakan roket Hamas selama perpanjangan waktu itu dan akan terus mencari dan menghancurkan terowongan yang digunakan Hamas untuk menyelundupkan senjata dan pejuang ke Israel.

Hamas menolak perpanjangan itu dan mengatakan Israel harus lebih dulu menarik pasukannya dari Gaza.

Palestina menyatakan korban jiwa di pihaknya sudah lebih dari 1000 orang, sebagian besar penduduk sipil termasuk anak-anak.

Di pihak Israel paling tidak 43 anggota pasukannya dan 2 warga sipil tewas.


XS
SM
MD
LG