Tautan-tautan Akses

Halep Tantang Sharapova di Final Perancis Terbuka


Maria Sharapova maju ke final Perancis Terbuka untuk ketiga kali berturut-turut, dan menjadi juara di Roland Garros tahun 2012 lalu (foto: dok).

Maria Sharapova maju ke final Perancis Terbuka untuk ketiga kali berturut-turut, dan menjadi juara di Roland Garros tahun 2012 lalu (foto: dok).

Petenis Romania, Simona Halep akan menantang petenis Rusia Maria Sharapova dalam final turnamen grand slam Perancis Terbuka hari Sabtu (7/6) di Roland Garros, Paris.

Petenis puteri Romania berusia 22 tahun, Simona Halep akan menantang petenis Rusia Maria Sharapova dalam final turnamen grand slam Perancis Terbuka hari Sabtu (7/6) di Roland Garros, Paris.

Bagi Halep, ini adalah final pertamanya di sebuah turnamen grand slam. Ia berhasil melaju ke final setelah menang straight set atas petenis Jerman, Andrea Petkovic dengan angka 6-2, 7-6. Selama turnamen di Roland Garros ini Halep belum pernah kehilangan satu set pun dan selalu menang dengan straight set dalam enam kali pertandingan menuju final.

Sementara, Sharapova adalah pemegang empat gelar grand slam dan ini adalah untuk ketiga kali berturut-turut ia melaju ke final Perancis Terbuka. Sharapova menjuarai Perancis Terbuka tahun 2012, dan tahun 2013 lalu ia kalah di final dari petenis AS Serena Williams yang sudah tersingkir di babak pertama tahun ini.

Bermain melawan petenis cantik asal Kanada, Eugenie Bouchard yang mengidolakannya sejak kecil, Sharapova cukup kewalahan. Ia harus kehilangan set pertama dan kalah dengan skor 4-6, dan bangkit di set kedua dengan kemenangan 7-5, sebelum menyudahi set ketiga dengan lebih mudah 6-2.

Sharapova mengaku beruntung bisa memenangkan pertandingan semifinal melawan Bouchard. "Memenangkan pertandingan di mana saya merasa lawan saya bermain sangat baik dan luar biasa, sementara saya tidak dalam permainan terbaik saya, namun saya terus berusaha dan (akhirnya) saya menemukan cara untuk menang," kata Sharapova mengenai lawannya yang 7 tahun lebih muda itu.

Sementara Bouchard, yang kini dijuluki 'Sharapova berikutnya' mengaku bahwa ia sedikit gugup menghadapi Sharapova yang menjadi idolanya sejak kecil.

"Ketika Anda bermain melawan seorang juara besar, Anda pasti merasakannya. Sering saya tidak menyelesaikan pukulan seperti yang saya inginkan," kata pemain Kanada berusia 20 tahun, yang gagal dalam upayanya menjadi wanita Kanada pertama yang mencapai final grand slam.

Pertandingan final tunggal puteri akan dilangsungkan hari Sabtu (7/6).

Sementara hari Jumat (6/6) ini di Roland Garros akan dilangsungkan pertandingan semifinal tunggal putera antara petenis nomor 1 dunia dan pemegang delapan gelar Perancis Terbuka Rafael Nadal dan petenis Inggris Andy Murray. Nadal baru kehilangan satu set selama Perancis Terbuka, yang dialaminya saat melawan rekan senegaranya asal Spanyol David Ferrer pada pertandingan perempat final. Nadal menang setelah kehilangan set pertama dengan 4-6, 6-4, 6-0, 6-1.

Sementara Andy Murray harus bermain lima set melawan petenis tuan rumah Gael Monfils sebelum menang dengan 6-4, 6-1, 4-6, 1-6, dan 6-0.

Pada semifinal pertama, petenis Serbia no. 2 dunia, Novak Djokovic akan berhadapan dengan petenis Latvia, Ernest Gulbis. Gulbis melaju ke semifinal setelah sebelumnya mengalahkan petenis Swiss Roger Federer, dan kemudian mengandaskan petenis Republik Ceko Thomas Berdych di perempat final.

Sedangkan, Djokovic, seperti halnya Nadal, juga baru kehilangan satu set dalam Perancis Terbuka, yaitu dalam babak ketiga ketiga menghadapi petenis Kroasia Marin Cilic. Djokovic mengandaskan Milos Raonic dari Montenegro dalam tiga set di perempat final dengan skor: 7-5, 7-6, 6-4. Djokovic yang sudah menjuarai gelar tiga grand slam lainnya mengincar gelar pertamanya di Roland Garros untuk melengkapi empat gelar grand slamnya.
XS
SM
MD
LG