Tautan-tautan Akses

AS

Hakim Militer AS Tolak Batalkan Kasus WikiLeaks


Bradley Manning, perwira intelijen yang dituduh membocorkan rahasia militer ke Wikileak, meninggalkan pengadilan di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Bradley Manning, perwira intelijen yang dituduh membocorkan rahasia militer ke Wikileak, meninggalkan pengadilan di Fort Meade, Maryland (Foto: dok).

Hakim militer Amerika, Kolonel Denise Lind, tidak bersedia mencabut tuduhan-tuduhan terhadap Bradley Manning, analis inteljen tentara yang dituduh membocorkan dokumen rahasia kepada situs WikiLeaks.

Secara tentatif Kolonel Denis Lind menetapkan pengadilan militer atas kasus ini akan dimulai tanggal 21 September.

Dalam dengar pendapat pendahuluan hari Selasa, tim pengacara Bradley Manning mengemukakan argumentasi agar kasus itu dicabut. Mereka mengatakan tim jaksa tidak memenuhi kewajiban untuk membagi informasi yang dapat membantu tim pembela.

Bradley Manning belum menyatakan apakah ia mengaku bersalah atau tidak atas 22 tuduhan, termasuk tuduhan yang paling serius yaitu membantu musuh.

Tim kuasa hukum Bradley Manning mengajukan tantangan khusus atas tuduhan membantu musuh itu. David Coombs, salah seorang pengacara, menulis dalam mosi pembelaan bahwa kliennya 'secara tegas menyangkal niat apapun untuk membantu musuh Amerika', dalam log perbincangan dunia maya.

Bradley Manning dituduh telah membocorkan ribuan kawat diplomatik dan dokumen militer terkait Irak dan Afghanistan. Jika didapati bersalah, Bradley dapat dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Sidang dengar pendapat pra peradilan di Fort Meade Maryland diperkirakan akan berlangsung hingga hari Kamis.
XS
SM
MD
LG