Tautan-tautan Akses

Hakim Ukraina Tunda Persidangan Mantan PM Tymoshenko


Polisi membawa PM Yulia Tymoshenko keluar dari ruang persidangan (foto: dok).

Polisi membawa PM Yulia Tymoshenko keluar dari ruang persidangan (foto: dok).

Sidang berikut akan berlangsung di bulan September, setelah mantan PM Yulia Tymoshenko menyatakan kondisi kesehatannya memburuk.

Pengadilan Ukraina kembali menunda sidang kasus penghindaran pajak dan penggelapan uang mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko.

Seorang hakim hari Selasa menetapkan sidang berikutnya akan berlangsung pada tanggal 11 September, setelah pemimpin oposisi berusia 51 tahun itu mengatakan kondisi kesehatannya buruk dan menolak untuk hadir di pengadilan di kota Kharkiv.

Persidangan Tymoshenko beberapa kali telah ditunda karena perawatan sakit punggungnya yang kronis. Jaksa Maryna Kapynis memberitahu wartawan persidangan itu tidak akan dimulai tanpa kehadiran terdakwa. “UU yang mengatur persidangan kejahatan menghendaki sidang kasus kejahatan hanya diadakan jika terdakwa hadir di persidangan” katanya.

Tymoshenko telah menyangkal tuduhan-tuduhan itu, sejak 1990-an. Tymoshenko mengatakan penuntutan itu merupakan pembalasan terhadap dirinya oleh Presiden Viktor Yanukovich yang menang tipis dari Tymoshenko dalam pemilihan tahun 2010.

Tymoshenko sedang menjalani hukuman tujuh tahun penjara karena penyalah gunaan kekuasaan terkait penjualan gas alam dengan Russia tahun 2009 yang diperantarainya sewaktu ia menjabat sebagai perdana menteri.
XS
SM
MD
LG