Tautan-tautan Akses

Hakim Setujui Ganti Rugi $14,7 Miliar dalam Skandal Volkswagen


Evaluasi mesin diesel mobil Volkswagen Passat di laboratorium uji emisi di El Monte, California. (Foto: Dok)

Evaluasi mesin diesel mobil Volkswagen Passat di laboratorium uji emisi di El Monte, California. (Foto: Dok)

Uang tersebut digunakan untuk pembelian kembali dan ganti rugi pemilik, serta ganti rugi emisi berlebihan dan proyek kendaraan bersih lain.

Seorang hakim federal telah memberi wewenang kepada Volkswagen AG untuk membayar ganti rugi sebesar US$14,7 milyar dalam penyelesaian skandal mobil di Amerika.

Hakim Charles Breyer di San Francisco, California, menandatangani perintah Selasa (25/10) yang memungkinkan pemilik 475 ribu mobil Volkswagen dan Audi yang dilengkapi mesin diesel dibeli kembali mobilnya mulai Selasa depan.

Persetujuan ini, yang oleh Hakim Breyer digambarkan sebagai “adil, beralasan, dan memadai,” merupakan perkembangan terakhir dalam skandal yang muncul ketika Volkswagen mengakui pada September 2015 telah melakukan kecurangan dalam uji emisinya.

Penyelesaian ini mensyaratkan produsen Jerman tersebut mengeluarkan $10 miliar untuk program pembelian kembali dan ganti rugi pemilik. Volkswagen harus membelanjakan tambahan $4.7 milyar untuk program ganti rugi emisi berlebihan dan proyek kendaraan bersih lain.

Skandal ini telah merugikan bisnis global produsen mobil tersebut dan menyebabkan pemecatan CEO-nya. [jm]

XS
SM
MD
LG