Tautan-tautan Akses

AS

Hakim Jatuhkan Denda $18 Juta kepada Asosiasi Pabrik Makanan


Jaksa Agung Bob Ferguson berbicara kepada media tentang batas usia merokok di negara bagian Washington dari 18 menjadi 21 tahun, 21 Januari 2015. Olympia, Washington. (Foto: AP Photo/Rachel La Corte).

Jaksa Agung Bob Ferguson berbicara kepada media tentang batas usia merokok di negara bagian Washington dari 18 menjadi 21 tahun, 21 Januari 2015. Olympia, Washington. (Foto: AP Photo/Rachel La Corte).

Denda sebesar US$18 juta dijatuhkan kepada Grocery Manufacturers Association (GMA) karena menyembunyikan sumber sebenarnya dari dana yang diterimanya guna menentang inisiatif pelabelan makanan pada tahun 2013.

Grocery Manufacturers Association disingkat GMA atau Asosiasi Pabrik Makanan harus membayar denda sebesar $18 juta karena menyembunyikan sumber sebenarnya dana yang diterima dari perusahaan makanan untuk menentang inisiatif pelabelan makanan 2013, putusan yang dijatuhkan hakim di negara bagian Washington hari Rabu.

Hakim Pengadilan Tinggi di Thurston County, Anne Hirsch mendapati bahwa kelompok industri makanan yang berkantor di Washington, DC sengaja melanggar ''undang-undang negara bagian tentang pengungkapan sumber dana dalam upaya menentang Initiative 522” tersebut.

Karena hakim menemukan bahwa kelompok sengaja melanggar UU, hukuman dendanya $6 juta dikali tiga menjadi US $18 juta. Kejaksaan Agung mengatakan itu diyakini hukuman menyangkut dana kampanye terbesar dalam sejarah AS.

GMA yang mengutip dana dari perusahaan besar makanan dan minuman, bersama lima perusahaan besar, mengumpulkan $22 juta untuk mengalahkan dukungan suara yang diperlukan untuk pelabelan makanan hasil rekayasa genetika di negara bagian Washington.

“Saya membawa kasus ini ke pengadilan karena GMA harus bertanggung jawab atas kesombongan dan sengaja mengabaikan UU keuangan negara bagian Washington,” kata Jaksa Agung Bob Ferguson dalam sebuah pernyataan Rabu.

GMA mengatakan “bermaksud akan berusaha kuat menempuh jalur hukum untuk meluruskan ketidakadilan”.

Ferguson menggugat Asosiasi itu pada 2013, menuduhnya mengutip uang dari perusahaan makanan anggotanya dan menyembunyikan sumber dana sebesar $11 juta dalam sumbangan kampanye. [ps/al]

XS
SM
MD
LG