Tautan-tautan Akses

Hakim AS Tolak Pembebasan Kepala IMF dengan Jaminan


Managing Director IMF, Dominique Strauss-Kahn ditolak permohonan bebas dengan uang jaminan di pengadilan Manhattan, New York (16/5).

Managing Director IMF, Dominique Strauss-Kahn ditolak permohonan bebas dengan uang jaminan di pengadilan Manhattan, New York (16/5).

Keputusan tersebut diambil setelah seorang jaksa menyebut Strauss Kahn berisiko lari, dan mengatakan Perancis tidak mau mengekstradisi warganya.

Pimpinan Dana Moneter Internasional telah ditolak pembebasannya dengan uang jaminan di New York atas tuduhan berbuat tidak senonoh dan hendak memerkosa seorang pelayan kamar sebuah hotel di Manhattan, kota New York.

Keputusan itu dibuat hari Senin ketika Direktur IMF Dominique Strauss-Kahn, yang kelihatan letih, tampil di hadapan seorang hakim di Manhattan untuk mendengarkan tuduhan terhadap Strauss Kahn itu. Keputusan tersebut diambil setelah seorang jaksa menyebut Strauss Kahn berisiko lari, dan mengatakan Perancis tidak mau mengekstradisi warganya.

Pengacara Strauss Kahn mengatakan klien mereka tidak bersalah. Sidang pengadilan yang berikut adalah hari Jumat. Pihak berwenang mengatakan Strauss-Kahn saat ini sedang ditahan dalam sel yang terlindung yang hanya memuat satu orang di tahanan Pulau Rikers, New York. Ia akan dijaga tetap jauh dari para tahanan lainnya.

Strauss Kahn ditangkap dan dikenakan tuduhan hendak memerkosa, penahanan dengan paksa, dan perbuatan tidak senonoh lainnya. Ia terancam hukuman penjara 25 tahun kalau didapati bersalah.

Menurut polisi, pelayan kamar hotel yang berusia 32 tahun di hotel mewah Sofitel itu dimana Strauss-Kahn menginap menuduh pimpinan IMF tersebut menangkapnya setelah perempuan tersebut memasuki kamar Strauss Kahn yang taripnya 3 ribu per malam itu Sabtu sore untuk membersihkan kamar tersebut.

Kemudian hari Sabtu, Strauss Kahn diambil dari pesawat Air France dan dibawa ke tahanan hanya beberapa menit sebelum pesawat itu lepas landas dari New York menuju Paris.

XS
SM
MD
LG