Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Setujui Pembayaran $20 Miliar soal Tumpahan Minyak BP


Bencana tumpahan minyak tahun 2010 di Teluk Meksiko, AS (foto: dok).

Bencana tumpahan minyak tahun 2010 di Teluk Meksiko, AS (foto: dok).

Seorang hakim AS menyetujui pembayaran sekitar 20 miliar dolar untuk menyelesaikan klaim-klaim terhadap perusahaan minyak BP.

Seorang hakim Amerika telah menyetujui pembayaran sekitar 20 miliar dolar untuk menyelesaikan klaim-klaim terhadap BP yang berawal dari tumpahan minyak tahun 2010 di Teluk Meksiko, mengakhiri proses pengadilan yang berlangsung bertahun-tahun.

Hakim federal di New Orleans hari Senin (4/4) memberi persetujuan akhir pada putusan itu yang meliputi klaim-klaim kerusakan lingkungan dan kerugian ekonomis yang diajukan oleh lima negara bagian di kawasan Teluk Meksiko yaitu Alabama, Florida, Louisiana, Mississippi dan Texas serta pemerintah-pemerintah setempat. Pembayaran itu juga termasuk denda 5,5 miliar dolar karena melanggar UU Air Bersih federal.

Dana tersebut akan dibayarkan selama periode 16 tahun.

Hakim distrik Carl Barbier, yang menyetujui pembayaran itu, tahun lalu memutuskan bahwa BP bertindak “sangat sembrono” dalam operasi ladang minyaknya.

Penyelesaian itu merupakan tambahan dari penyelesaian kriminal dan sipil sebelumnya termasuk yang diajukan oleh perusahaan-perusahaan dan penduduk yang mengklaim tumpahan itu merugikan mereka. [my/al]

XS
SM
MD
LG