Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS: Segera Bebaskan Anak-anak Imigran yang Ditahan


Anak-anak immigran berbaris di kafetaria di tempat penampungan sementara Karnes County Residential Center, di Karnes City, Texas. (Foto: Dok)

Anak-anak immigran berbaris di kafetaria di tempat penampungan sementara Karnes County Residential Center, di Karnes City, Texas. (Foto: Dok)

Penahanan tersebut merupakan pelanggaran atas putusan tahun 1997 yang menetapkan parameter hukum bagi tempat tinggal anak-anak yang berada di Amerika secara ilegal.

Seorang hakim federal Amerika telah memerintahkan pembebasan imigran gelap anak-anak dan ibu mereka yang ditahan di pusat tahanan keluarga.

Putusan hakim Dolly Gee di Los Angeles Jumat malam (21/8) itu menguatkan putusannya bulan lalu bahwa penahanan keluarga-keluarga di lokasi-lokasi tersebut merupakan pelanggaran atas putusan dalam gugatan kelompok tahun 1997 yang menetapkan parameter hukum bagi tempat tinggal anak-anak yang berada di Amerika secara ilegal.

Gee menetapkan batas waktu kepada pemerintah hingga 25 Oktober untuk membebaskan anak-anak itu dan, dalam sebagian kasus, ibu mereka, tanpa menunda-nunda lagi.

Harian The Los Angeles Times menyatakan Amerika menahan sekitar 1.400 anak-anak dan orang tua mereka di tiga fasilitas: dua di Texas dan satu di Pennsylvania. Tetapi hal ini merupakan pelanggaran terhadap putusan yang menetapkan anak-anak berusia kurang dari 18 tahun tidak dapat ditahan lebih dari 72 jam kecuali jika risiko mereka kabur sangat besar atau ada risiko terhadap keselamatan mereka atau yang lainnya .

Gee menyebut kondisi di pusat tahanan itu “menyedihkan” dan menyatakan kondisi di sana bahkan tidak memenuhi standar minimal keselamatan dan sanitasi.

Hakim Gee menolak pendapat pemerintah Amerika yang mengatakan perlu mengubah beberapa ketentuan dalam putusan untuk mencegah gelombang imigran gelap anak-anak dari Amerika Tengah yang masuk ke Amerika tahun lalu. Pemerintah Amerika diperkirakan akan banding atas putusan Gee.

XS
SM
MD
LG