Tautan-tautan Akses

Hakim AS: Sebagian Pendanaan Layanan Kesehatan Presiden Obama Tidak Benar


Anggota DPR Partai Republik, Marsha Blackburn, mengumumkan American Health Care Reform Act, pengganti Affordable Care Act atau Obamacare (AP Photo/J. Scott Applewhite).

Anggota DPR Partai Republik, Marsha Blackburn, mengumumkan American Health Care Reform Act, pengganti Affordable Care Act atau Obamacare (AP Photo/J. Scott Applewhite).

Presiden Barack Obama dianggap secara tidak benar telah mendanai bagian program layanan kesehatan nasionalnya.

Seorang hakim Amerika di Washington hari Kamis memutuskan bahwa pemerintahan Presiden Barack Obama secara tidak benar mendanai bagian program layanan kesehatan nasionalnya, subsidi yang bertujuan membantu warga berpendapatan rendah membayar biaya - jasa dokter dan layanan kesehatan lainnya.

Hakim Rosemary Collyer dalam keputusan yang condong kepada kalangan Partai Republik, penentang reformasi layanan kesehatan yang digagas Presiden Obama, mengatakan pemerintah tidak bisa membayar perusahaan asuransi layanan kesehatan 175 miliar dolar selama satu dekade untuk membantu para pasien karena Kongres secara khusus tidak mencadangkan dana tersebut.

Pemerintahan Presiden Obama sebelumnya mengatakan menggunakan dana yang disetujui sebelumnya untuk membayar tagihan-tagihan biaya.

Collyer menghalangi subsidi lebih jauh kepada perusahaan asuransi tapi mengatakan program itu bisa dilanjutkan - sambil `menunggu kasasi pemerintah Obama ke pengadilan yang lebih tinggi.

Pihak Partai Republik mendukung gugatan hukum terhadap UU Asuransi kesehatan itu, yang di Amerika disebut sebagai Obamacare. Gugatan tersebut merupakan upaya terbaru penentangnya untuk - merongrong Presiden Obama, dari Partai Demokrat yang masa jabatannya berakhir tahun depan. Obama menganggap UU itu sebagai pencapaian paling penting pada masa jabatannya sebagai Presiden.

Jutaan warga di Amerika yang sebelumnya tidak punya asuransi bisa membeli asuransi kesehatan berdasarkan UU tersebut. Partai Republik yang menguasai DPR sudah melakukan pemungutan suara lebih dari 50 kali untuk membatalkan Obamacare tapi upaya-upaya itu ditolak oleh Senat atau di veto oleh Obama. Para penentang UU itu menganggap program tersebut melampau kewenangan pemerintah nasional karena memaksa warga Amerika untuk membeli asuransi layanan kesehatan atau membayar denda sesuai dengan gaji mereka. [my/al]

XS
SM
MD
LG