Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Kurangi Hukuman Pembocor Dokumen ke WikiLeaks


Prajurit AS yang dituduh membocorkan dokumen ke WikiLeaks, Bradley Manning (kanan) telah ditahan sejak pertengahan 2010 (foto: dok).

Prajurit AS yang dituduh membocorkan dokumen ke WikiLeaks, Bradley Manning (kanan) telah ditahan sejak pertengahan 2010 (foto: dok).

Hakim militer AS mengatakan, hukuman bagi prajurit Bradley Manning akan dikurangi 112 hari karena pengobatan terhadapnya selama dalam tahanan militer.

Hakim militer telah mengurangi hukuman yang mungkin dijatuhkan terhadap seorang analis angkatan darat yang dituduh membocorkan dokumen rahasia ke situs internet WikiLeaks.

Hakim Denise Lind memutuskan hari Selasa bahwa kemungkinan hukuman bagi prajurit Bradley Manning akan dikurangi 112 hari karena pengobatan terhadapnya dalam tahanan militer setelah ia ditangkap.

Manning telah ditahan sejak pertengahan tahun 2010. Dalam sebagian waktu itu, pihak berwenang menempatkan Manning dalam pengawasan bunuh diri, mengurungnya dalam sel yang tidak berjendela 23 jam sehari, kadang-kadang tanpa pakaian.

Hakim memutuskan dalam sidang pra-peradilan bahwa hukuman seperti itu “lebih keras daripada yang diperlukan” dan bahwa hukuman itu “menjadi berlebihan dalam hubungannya dengan kepentingan yang sah pemerintah.” Namun, dia mengatakan bahwa hukuman itu tidak boleh menjadi dasar bagi seruan pembela untuk membatalkan semua tuduhan.

Manning menghadapi 22 pasal tuduhan, termasuk “membantu musuh,” yang diancam hukuman maksimum seumur hidup. Peradilannya dijadwalkan mulai tanggal 6 Maret.
XS
SM
MD
LG