Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Batalkan Larangan Perkawinan Sejenis di Arizona


Hakim federal AS membatalkan larangan perkawinan sesama jenis di Arizona (foto: ilustrasi).

Hakim federal AS membatalkan larangan perkawinan sesama jenis di Arizona (foto: ilustrasi).

Seorang hakim federal AS telah mengesahkan perkawinan sesama jenis di negara bagian Arizona.

Hakim federal AS tersebut hari Jumat (17/10) memutuskan bahwa larangan perkawinan sesama jenis yang diterapkan negara bagian Arizona tidak konstitusional, dengan mengatakan putusan pengadilan banding baru-baru ini yang menghapuskan larangan di Nevada dan Idaho juga berlaku di Arizona.

Jaksa Agung negara bagian itu kini harus memilih apakah akan naik banding atau mematuhinya dan memungkinkan pasangan sesama jenis menikah di Arizona. Dia dijadwalkan berbicara mengenai isu tersebut hari Senin.

Pekan lalu, Mahkamah Agung AS menolak untuk meninjau putusan pengadilan yang lebih rendah yang menghapuskan larangan perkawinan sesama jenis di Indiana, Oklahoma, Utah, Virginia dan Wisconsin.

Jaksa Agung AS Eric Holder merilis pesan video hari Jumat, yang mengatakan pemerintah federal akan mengakui perkawinan sesama jenis yang kini dilakukan di negara-negara bagian tersebut.

Dia mengatakan telah memerintahkan para pengacara di Departemen Kehakiman untuk bekerja sama dengan badan-badan pemerintah “untuk memastikan agar semua tunjangan federal yang berlaku juga dinikmati oleh pasangan-pasangan itu sesegera mungkin.”

XS
SM
MD
LG