Tautan-tautan Akses

Haiti Peringati Ulang Tahun Pertama Bencana Gempa Bumi


Anak-anak Haiti yang selamat dari musibah gempa bumi tahun lalu. Banyak di antara mereka masih tinggal di kamp-kamp pengungsian.

Sekolah-sekolah, dan kantor-kantor pemerintah di seluruh Haiti tutup hari ini sebagai bagian dari acara peringatan hari berkabung nasional.

Haiti memperingati ulang tahun pertama gempa bumi dahsyat yang menyebabkan lebih 200.000 orang tewas dan sejuta warga lainnya kehilangan tempat tinggal.

Sekolah-sekolah, dan kantor-kantor pemerintah tutup pada hari Rabu sebagai bagian dari acara peringatan hari berkabung nasional di ibukota, Port-au-Prince dan seluruh Haiti.

Utusan Khusus PBB bagi Haiti, Mantan Presiden Amerika Bill Clinton, yang juga salah seorang ketua kampanye bantuan pemulihan, diperkirakan akan menghadiri acara ini.

PBB mencanangkan acara mengheningkan cipta selama 47 detik untuk memperingati durasi berlangsungnya gempa bumi berkekuatan 7,0 SR itu yang terjadi tanggal 12 Januari 2010. Gempa tahun lalu merupakan yang terkuat di Haiti dalam dua abad terakhir.

Pada hari Selasa, Presiden Haiti Rene Preval memimpin upacara di pinggir ibukota, Port-au-Prince, di sebuah kuburan massal di mana puluhan ribu korban gempa dimakamkan.

XS
SM
MD
LG