Tautan-tautan Akses

Haiti Laporkan Kasus Kolera Pertama di Port-au-Prince


Para warga di Port-au-Prince. Ibukota Haiti belum pulih dari gempa dahsyat Januari lalu dan dikhawatirkan wabah kolera akan sulit diatasi.

Para warga di Port-au-Prince. Ibukota Haiti belum pulih dari gempa dahsyat Januari lalu dan dikhawatirkan wabah kolera akan sulit diatasi.

Pihak berwenang khawatir penyakit yang sudah menewaskan 544 orang bisa menyebar ke ibukota Haiti yang belum pulih dari gempa.

Pejabat kesehatan di Haiti melaporkan kasus kolera pertama yang dikonfirmasi di ibukota, Port-au-Prince.

Pihak berwenang sebelumnya mengkhawatirkan penyakit yang sudah menewaskan sekurangnya 544 orang di Haiti ini bisa menyebar ke ibukota itu, dimana ratusan ribu orang tinggal di kemah-kemah sejak bencana gempa dahsyat bulan Januari lalu.

Penduduk di kamp-kamp yang sesak dan kumuh, khususnya rentan terhadap kolera yang disebabkan makanan atau air yang tercemar.

Perebakan itu pertama kali dilaporkan akhir bulan lalu di kawasan Artibonite, sebelah utara ibukota dan penyakit itu sudah menyebar ke separuh dari 10 kawasan administratif di negara Karibia itu.

Kementrian kesehatan Haiti mengatakan lebih dari 8.000 orang harus dirawat di rumah sakit.

Para pekerja bantuan menyampaikan keprihatinan bahwa epidemi kolera bisa menyebar setelah banjir akibat badai Thomas melanda minggu lalu. Kolera menyebabkan diare dan muntah-muntah dan bisa mengakibatkan dehidrasi parah serta kematian.

XS
SM
MD
LG