Tautan-tautan Akses

Hadiah Uang Wimbledon 2015 Terbesar dalam Sejarah


Petenis Serbia Novak Djokovic dan petenis Swiss Roger Federer berpose sebelum bertanding di final turnamen Wimbledon, London tahun 2014 (foto: dok).

Petenis Serbia Novak Djokovic dan petenis Swiss Roger Federer berpose sebelum bertanding di final turnamen Wimbledon, London tahun 2014 (foto: dok).

Jumlah hadiah uang terus meroket pada turnamen tenis Grand Slam Wimbledon, bahkan bagi mereka yang kandas pada putaran pertama.

Penyelenggara turnamen tenis Grand Slam Wimbledon hari Selasa (28/4) mengatakan total hadiah uang untuk tahun ini naik 7 persen menjadi sekitar 40,60 juta dolar. Juara tunggal putra dan putri masing-masing akan mendapat 2,85 juta dolar.

Mereka mengatakan jumlah total itu akan menjadi yang terbesar dalam sejarah tenis profesional, melampaui 38,25 juta dollar yang dianugerahkan pada turnamen Amerika Terbuka tahun lalu.

Hanya dalam empat tahun ini, penyelenggara Wimbledon telah menaikkan hampir dua kali lipat hadiah uangnya.

Mereka yang kalah pada putaran pertama juga akan mendapat kenaikan hadiah sebesar 7 persen dari tahun lalu menjadi 44.500 dollar.

Kepala Wimbledon Philip Brook mengatakan besarnya hadiah itu akan membantu mempertahankan status bergengsi turnamen tahunan itu.

Ia juga membantah komentar bahwa para pemenang mendapat hadiah terlalu besar. “Saya pikir kita tidak akan mendapatkan turnamen tenis terbaik di dunia tanpa petenis-petenis terbaik,” katanya.

Wimbledon, yang digelar di London, tahun ini akan dilangsungkan 29 Juni-12 Juli. Jeda antara Perancis Terbuka dan Wimbledon, yang biasanya dua minggu, diperpanjang untuk pertama kalinya tahun ini menjadi tiga minggu.

XS
SM
MD
LG