Tautan-tautan Akses

Penulis Belarus Svetlana Alexievich Raih Hadiah Nobel Sastra


Jurnalis Belarus, Svetlana Alexievich di Minsk, Belarus (8/10).

Jurnalis Belarus, Svetlana Alexievich di Minsk, Belarus (8/10).

Alexievich telah menulis buku tentang dampak bencana Chernobyl bagi manusia, perang di Afghanistan, dan sejarah Soviet dan pasca-Soviet.

Komite Nobel di Stockholm, Swedia, telah memberikan Hadiah Nobel Sastra tahun ini kepada jurnalis Belarus Svetlana Alexievich, atas apa yang disebutkan oleh Komite Nobel sebagai “tulisan-tulisan polifonik (yang mencerminkan berbagai suara), sebuah monumen untuk penderitaan dan keberanian pada zaman kita.”

Alexievich telah menulis buku tentang dampak bencana Chernobyl bagi manusia, perang di Afghanistan, dan sejarah Soviet dan pasca-Soviet. Karyanya sangat bergantung pada sejarah lisan dan sudut pandang orang pertama.

Hadiah Nobel adalah yang terbaru dan paling bergengsi dari serangkaian penghargaan yang telah diterima oleh Alexievich untuk karya-karyanya.

Hadiah Nobel diberikan setiap tahun dalam bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian. Hadiah uang berasal dari warisan Alfred Nobel, seorang inventor Swedia. Hadiah Nobel, yang diberikan sejak tahun 1901, telah menjadi penghargaan prestasi tertinggi dalam masing-masing bidang. Hadiah Nobel dalam Ilmu Ekonomi juga diberikan oleh panitia, meskipun hadiah itu bukan salah satu hadiah yang ditetapkan oleh Alfred Nobel.

Para pemenang diberi hadiah uang yang jumlahnya sedikit berbeda dari tahun ke tahun. Mereka juga diberi medali dan diploma Nobel yang disampaikan dalam upacara di Oslo dan di Stockholm pada bulan Desember.

Jika beberapa orang memenangkan hadiah yang sama dalam kategori tertentu, mereka membagi hadiah uang sama rata di antara mereka. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG