Tautan-tautan Akses

Hadapi Piala Dunia, Pemain Meksiko Dilarang Makan Daging Merah


Pelatih timnas Meksiko, Miguel Herrera mengatakan kepada para pemainnya untuk tidak makan daging merah (foto: dok).

Pelatih timnas Meksiko, Miguel Herrera mengatakan kepada para pemainnya untuk tidak makan daging merah (foto: dok).

Pemain Piala Dunia Meksiko dilarang makan daging sapi, karena daging sapi di Meksiko banyak terkontaminasi dengan obat doping jenis clenbuterol.

Pemain Piala Dunia Meksiko dilarang makan daging sapi, sebuah langkah yang bertujuan untuk menghindari tes doping positif dari daging yang terkontaminasi dengan obat doping jenis clenbuterol.

Pelatih Miguel Herrera mengatakan hari Rabu (21/5) ia telah mengatakan kepada para pemainnya lebih dari sebulan yang lalu untuk tidak makan daging merah.

Selama Piala Emas tahun 2011, lima pemain Meksiko dinyatakan positif telah mengkonsumsi clenbuterol. Federasi Sepakbola Meksiko akhirnya mencabut tuduhan bahwa kelima pemain tersebut sengaja memakai doping. Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah menerima "bukti kuat" bahwa daging di Meksiko telah terkontaminasi dengan clenbuterol dan menghasilkan tes positif terhadap lima pemain yang memakan daging sapi tersebut.

"Pusat pelatihan kami telah ditentukan, dan berdasarkan pengalaman buruk kami di masa lalu, kami telah memutuskan bahwa daging merah tidak boleh dimakan selama masa latihan (menghadapi Piala Dunia)," kata Herrera .

Pihak berwenang Meksiko telah mengakui bahwa obat-obatan yang dilarang dalam dunia olahraga telah digunakan oleh para peternak di negara itu untuk menggemukkan sapi.

Pemain bek Miguel Ponce, yang tadinya tersingkir dari 23 pemain timnas Meksiko, mengatakan bahwa ia telah makan daging merah. Miguel dimasukkan ke timnas setelah gelandang Juan Carlos Medina mengalami cedera.

"Saya telah makan beberapa Taco, tapi saya harap tidak ada masalah," kata Miguel Ponce. "Mulai sekarang saya akan mengikuti aturan yang ditetapkan (oleh Timnas)," tambahnya.

Meksiko yang berada di Group A bersama tuan rumah Brazil, memainkan pertandingan pertama di Piala Dunia di kota Natal melawan timnas Kamerun pada 13 Juni, kemudian menghadapi tuan rumah Brazil pada 17 Juni di Fortaleza, dan kemudian akan menghadapi timnas Kroasia pada 23 Juni di Recife.

Brazil adalah favorit untuk menjuarai grup A dan maju ke babak berikutnya, babak 16 besar yang menggunakan sistem gugur. Tempat kedua dalam grup yang juga akan lolos ke babak selanjutnya tersebut tampaknya masih terbuka lebar (AP).
XS
SM
MD
LG