Tautan-tautan Akses

Guru Yoga India Pimpin Protes Anti Korupsi


Guru Yoga India, Baba Ramdev saat berpidato di depan para pendukungnya dalam protes anti-korupsi di New Delhi, India (12/8).

Guru Yoga India, Baba Ramdev saat berpidato di depan para pendukungnya dalam protes anti-korupsi di New Delhi, India (12/8).

Baba Ramdev, seorang guru yoga yang populer di India meneruskan aksi mogok makannya untuk menentang korupsi di India (12/8).

Seorang guru yoga yang populer di India mogok makan untuk hari ke-empat hari Minggu dan mengancam akan memperluas protesnya ke tingkat nasional jika pemerintah tidak bertindak tegas untuk mengembalikan miliaran dolar uang haram yang diduga sebagian orang India disembunyikan di luar negeri.

Baba Ramdev di depan ribuan pendukungnya di pasar malam di ibukota, mengatakan, jika perdana menteri tidak merespon permintaannya sampai Minggu malam, Baba akan mengintensifkan protes ini ke seluruh negeri dalam bentuk pemberontakan rakyat.

Namun, ia menunda mengumumkan rincian rencananya dengan mengatakan sedang menunggu reaksi dari Perdana Menteri Manmohan Singh dan berencana akan mengumumkan sebuah rencana aksi, hari Senin (13/8).

Ramdev dan pendukungnya mengatakan belum makan tiga hari guna mendesak pemerintah agar memenuhi tuntutan anti-korupsi mereka, termasuk pembentukan ombudsman yang berwenang memeriksa pejabat pemerintah, Biro Pusat Investigasi independen, dan aksi-aksi guna mencegah penggelapan pajak maupun menyembunyikan uang secara ilegal di bank-bank luar negeri.

Jutaan rakyat India setiap hari menonton Ramdev melatih yoga dalam acara yang populer di televisi. Dalam beberapa tahun terakhir ia memanfaatkan popularitas sebagai guru yoga untuk menyoroti kampanyenya melawan korupsi.
XS
SM
MD
LG