Tautan-tautan Akses

Guru Yoga India Mogok Makan untuk Protes Korupsi


Guru Yoga India, Baba Ramdev

Guru Yoga India, Baba Ramdev

Baba Ramdev, seorang pengasuh acara televisi yoga setiap hari, memulai mogok makannya hari Sabtu di ibukota New Delhi.

Guru yoga yang paling terkenal di India telah memulai mogok makan dalam usaha untuk memaksa pemerintah mengambil tindakan terhadap masalah korupsi yang mendalam di negara itu.

Baba Ramdev, seorang pengasuh acara televisi yoga setiap hari, memulai mogok makannya hari Sabtu di ibukota New Delhi, di mana ratusan pengikutnya telah berkumpul untuk mendukungnya.

Para pejabat tinggi India gagal hari Jumat untuk membujuk guru yang berpikiran independen itu agar membatalkan protesnya.

Ramdev telah mengatakan jutaan orang yang ingin melihat negara itu bebas dari korupsi dan memperoleh keadilan sosial akan turut dalam kampanye tersebut.

Berita mengenai penipuan milyaran dolar dalam real-estate, telekomunikasi, dan Pesta Olah Raga Persemakmuran tahun lalu di India telah membakar kemarahan rakyat terhadap pemerintah. Sebelumnya tahun ini, kelompok penelitian Amerika melaporkan kira-kira hampir satu triliun dolar telah dipindahkan secara tidak syah ke luar India dalam 60 tahun ini.

Ramdev mengatakan sudah waktunya sebagian dari “uang hitam” itu kembali, dan menyeret orang-orang yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Mogok makannya meneruskan gerakan serupa oleh aktivis sosial Anna Hazare yang berusia 73 tahun bulan April lalu. Keduanya bertujuan untuk mendorong parlemen agar meluluskan rancangan undang-undang yang menegakkan organisasi baru yang dipimpin rakyat dengan wewenang untuk mencari dan menuntut para pejabat yang korup.

Organisasi Ramdev yang berupa media yang berhubungan dengan yoga dan produk kesehatan menjangkau jutaan orang di India dan seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG