Tautan-tautan Akses

Gunung Calbuco di Chile Meletus, Ratusan Warga Diungsikan


Anak-anak menonton gunung Calbuco yang meletus, dari kota Puerto Varas, Chile selatan (22/4).

Anak-anak menonton gunung Calbuco yang meletus, dari kota Puerto Varas, Chile selatan (22/4).

Kira-kira 1.500 orang sedang diungsikan dari kota-kota lebih dari 1.000 kilometer sebelah selatan ibukota Santiago.

Pihak berwenang Chile sedang mengungsikan ratusan orang setelah gunung Calbuco meletus Rabu sore untuk pertama kalinya dalam 40 tahun lebih, mengakibatkan gulungan abu setinggi 10 kilometer ke udara. Gunung itu meletus lagi Kamis (23/4) pagi.

Dinas Geologi dan Pertambangan Nasional mengeluarkan peringatan keras, yang melarang akses ke daerah pegunungan sekitar gunung berapi di Chile selatan itu.

Pihak berwenang Chile yang terkejut segera mengevakuasi ribuan warga dan menetapkan status darurat di kota Puerto Montt dan Puerto Varas yang merupakan tujuan wisata populer.

Kira-kira 1.500 orang sedang diungsikan dari kota-kota lebih dari 1.000 kilometer sebelah selatan ibukota Santiago. Belum ada laporan korban cedera atau tewas, dan pihak berwenang telah menutup akses menuju daerah disekitar gunung itu

Chile, yang terletak di “Lingkaran Api” Pasifik, mempunyai deretan gunung berapi yang kedua terbanyak di dunia setelah Indonesia.

Ini adalah kedua kalinya gunung berapi meletus di Chile selatan sejak Maret, ketika gunung Villarrica yang terus menunjukkan aktivitas, memuntahkan abu dan lava dengan singkat tetapi berapi.

XS
SM
MD
LG