Tautan-tautan Akses

Gunung Berapi Meksiko Meletus, Ratusan Mengungsi


Asap bergulung ke udara menyusul letusan gunung berapi Colima, dekat kota Comala, Meksiko (10/7). (AP/Sergio Tapiro Velasco)

Asap bergulung ke udara menyusul letusan gunung berapi Colima, dekat kota Comala, Meksiko (10/7). (AP/Sergio Tapiro Velasco)

Letusan gunung berapi Colima dikhawatirkan akan menjadi yang terbesar abad ini.

Ratusan orang telah diungsikan dari desa-desa di sekitar gunung berapi Colima di Meksiko, dan sebuah bandar udara ditutup hari Sabtu (11/7) karena letusan gunung berapi itu dikhawatirkan akan menjadi yang terbesar dalam abad ini.

Debu dari Colima telah menghujani desa-desa dan lahar tampak mengalir di lerengnya, sehingga para pejabat menutup kawasan sampai jarak 12 kilometer dari kawah.

Kegiatan vulkanis mulai meningkat Kamis malam dan menyemburkan debu dan asap setinggi empat kilometer Jumat.

Debu vulkanis juga menutupi kota Colima sehingga penduduk terpaksa menggunakan masker. Kementerian Dalam Negeri mengatakan kegiatan vulkanis itu tidak normal, dan gunung tersebut menunjukkan gejala serupa tahun 1913, ketika terjadi letusan hebat yang menutupi kawasan sekitarnya dengan debu tebal.

Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi: kegiatan vulkanis menurun dalam beberapa minggu ke depan, letusan seperti yang terjadi tahun 1913 atau runtuhnya kubah dalam kawah gunung berapi itu.

XS
SM
MD
LG