Tautan-tautan Akses

Gunung Berapi Gamalama di Ternate Meletus


Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara (foto:dok). Hari Minggu kemarin gunung ini meletus dan menyebabkan bandara Ternate ditutup.

Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara (foto:dok). Hari Minggu kemarin gunung ini meletus dan menyebabkan bandara Ternate ditutup.

Gunung Berapi Gamalama di Ternate, Maluku Utara meletus Minggu malam, sehingga bandara kota Ternate yang terletak di kaki gunung itu terpaksa ditutup Senin (5/12).

Indonesia menutup bandara di Maluku Utara pada hari Senin ini setelah letusan gunung berapi menyemburkan debu vulkanik sampai setinggi 2 ribu meter ke udara.

Gunung Berapi Gamalama di Ternate, Maluku Utara meletus Minggu malam, sehingga bandara kota Ternate yang terletak di kaki gunung itu terpaksa ditutup Senin ini, demikian menurut juru bicara Kementrian Transportasi, Bambang Erwan.

Letusan gunung berapi setinggi 1.715 meter dari permukaan laut itu sempat membuat warga panik dan berusaha mengungsi. Namun sekarang keadaan mulai tenang dan banyak warga sudah kembali ke rumah masing-masing sementara para petugas terus memantau aktifitas gunung tersebut.

Gamalama terakhir meletus pada tahun 2003. Tidak ada korban jiwa dilaporkan saat itu. Indonesia memiliki sekitar 500 gunung berapi, dengan 128 diantaranya aktif dan 65 dinyatakan berbahaya.

XS
SM
MD
LG