Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur Virginia Pulihkan Hak Pilih 200 Ribu Eks Napi


Gubernur Virginia Terry McAuliffe memulihkan hak memilih dari lebih 200 ribu eks narapidana (foto: dok).

Gubernur Virginia Terry McAuliffe memulihkan hak memilih dari lebih 200 ribu eks narapidana (foto: dok).

Gubernur negara bagian Virginia menandatangani sebuah perintah eksekutif Jumat (22/4) yang memulihkan hak memilih dari lebih 200 ribu eks narapidana.

Virginia, sebagaimana kebanyakan negara bagian Amerika lainnya, meloloskan UU yang membatasi hak-hak orang yang pernah dihukum karena pelanggaran kejahatan.

Tetapi sebaliknya dari mendesak anggota legislatif agar merombak UU yang berasal dari era perang saudara itu, Gubernur Terry McAuliffe mengklaim, dirinya punya wewenang eksekutif untuk memulihkan hak itu atas prakarsanya sendiri, dan Jumat dia memulihkan hak pilih baik dari pelanggar non-kekerasan maupun yang mempergunakan kekerasan.

Dia dan pendukungnya mengatakan, tindakan ini menghilangkan sebuah langkah yang tujuannya adalah mencabut hak pilih warga Amerika keturunan Afrika.

Lawan politiknya mengacu pada kenyataan bahwa tindakan ini akan meningkatkan jumlah pemilih partai Demokrat dalam pemilihan presiden November mendatang, dan katanya, motif gubernur murni bersifat politik.

“Maksud tunggal dari Terry McAuliffe adalah memilih Hillary Clinton sebagai presiden Amerika,” kata anggota DPR Virginia, William J. Howell. [jm]

XS
SM
MD
LG