Tautan-tautan Akses

Gubernur Tokyo Peringatkan Warga tentang Radiasi dalam Air Ledeng


Seorang warga Tokyo meminum air ledeng langsung dari keran.

Seorang warga Tokyo meminum air ledeng langsung dari keran.

Pemda Tokyo menganjurkan para orang tua untuk tidak memberi bubuk susu yang dicampur dengan air ledeng kepada bayi-bayi di bawah usia satu tahun.

Gubernur Tokyo Shintaro Ishihara menghimbau penduduk ibukota Jepang agar tetap tenang, setelah kadar yodium radioaktif yang meningkat terdeteksi hari ini dalam suplai air kota ini.

Pihak berwenang mengatakan kadar yodium radioaktif tersebut bukanlah ancaman bagi kesehatan, tetapi menganjurkan para orang tua untuk tidak memberikan air ledeng atau bubuk susu yang dicampur dengan air ledeng kepada bayi-bayi di bawah usia satu tahun.

Beberapa jam sebelumnya, pemerintah memperluas pembatasan atas penjualan susu dan sayur-mayur dari daerah-daerah di sekitar PLTN Fukushima Daiichi yang rusak, yang telah membocorkan radiasi ke lingkungan sekitarnya sejak terjadinya gempa bumi dan tsunami dahsyat pada tanggal 11 Maret. Amerika Serikat juga telah mengumumkan larangan atas semua impor susu dan produk susu, buah-buahan dan sayur-sayuran dari empat kabupaten Jepang dekat PLTN tersebut.

Para pekerja dievakuasi dari pembangkit itu setelah jam empat sore waktu setempat, Rabu setelah asap hitam atau uap terlihat membubung dari reaktor nomor tiga PLTN tersebut. Para pejabat PLTN mengatakan mereka masih belum mengetahui apa yang menyebabkan asap tersebut, tetapi para pekerja diungsikan sebagai tindakan berjaga-jaga.

XS
SM
MD
LG