Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur Texas Sebut Ledakan Pabrik Pupuk Skenario Mengerikan


Para petugas di Texas masih terus berusaha mencari para korban dengan memeriksa dari rumah ke rumah (18/4).

Para petugas di Texas masih terus berusaha mencari para korban dengan memeriksa dari rumah ke rumah (18/4).

Gubernur Texas Rick Perry menyebut ledakan mematikan hari Rabu (17/4) di pabrik pupuk “benar-benar sebuah skenario mengerikan”.

Para petugas SAR masih melakukan pencarian korban selamat di reruntuhan ledakan yang meratakan rumah dan toko-toko di kota West.

Polisi mengatakan masih belum jelas berapa banyak orang yang masih terperangkap dalam reruntuhan itu, namun mengatakan sebanyak 15 orang mungkin tewas dan 160 lebih cedera. Beberapa belum ditemukan.

Polisi mengatakan para petugas masih dalam tahap “mencari dan menyelamatkan” selagi mereka memeriksa dari rumah ke rumah. Sekitar 80 rumah dalam radius lima blok rusak berat atau musnah.

Dalam konferensi pers, Gubernur Perry mengatakan sebagian besar informasi mengenai para korban masih “terlalu awal”. Ia mengatakan Presiden Amerika Barack Obama telah menawarkan untuk secepatnya menyatakan kota West sebagai daerah bencana darurat sehingga berhak mendapat bantuan federal.

Sekitar 2.800 orang penduduk kota West telah dievakuasi. Pihak berwenang belum bisa memastikan penyebab musibah itu.

Patrick Swanton, jurubicara departemen kepolisian Waco mengatakan, tempat itu ditetapkan sebagai lokasi kejahatan, tetapi menegaskan tidak ada bukti yang menunjukkan ada penyebab lain selain kecelakaan.

Para penyidik khawatir mengenai bahan-bahan kimia yang kemungkinan berbahaya di lokasi itu. Tim Pengawal Nasional telah dikerahkan untuk memantau emisi bahan-bahan yang berbahaya.
XS
SM
MD
LG