Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur Texas Didakwa Salahgunakan Wewenang


Texas Gov. Rick Perry talks to the media and supporters after he was booked at the Blackwell Thurman Criminal Justice Center, Aug. 19, 2014, in Austin, Texas.

Texas Gov. Rick Perry talks to the media and supporters after he was booked at the Blackwell Thurman Criminal Justice Center, Aug. 19, 2014, in Austin, Texas.

Rick Perry dituduh mengancam akan memotong dana bagi satu kantor penyelidikan untuk memaksa seorang jaksa dari Partai Demokrat meletakkan jabatan.

Gubernur Texas yang pernah menjadi kandidat calon Presiden dari Partai Republik diambil sidik jarinya dan difoto di gedung pengadilan ibukota negara bagian Texas, Austin, Selasa (19/8), dan bertekad untuk menang atas tuduhan penyalahgunaan wewenang.

Dewan juri mendakwa Rick Perry pekan lalu karena dituduh mengancam akan memotong dana bagi satu kantor penyelidikan untuk memaksa seorang jaksa dari partai Demokrat meletakkan jabatan.

Perry kelihatan gembira dan berkeras Selasa ia tidak melakukan apapun yang ilegal. Ia mengatakan seorang gubernur diberi hak oleh konstitusi untuk mengutarakan pemikirannya bebas dari campur tangan politik.

Perry adalah gubernur yang paling lama memegang jabatan dalam sejarah Texas dan kemungkinan akan menjadi calon presiden pada 2016. Ia memotong dana tahun lalu bagi unit integritas pemerintah negara bagian itu, yang menyelidiki kesalahan para pejabat pemerintah negara bagian.

Unit itu dipimpin oleh seorang jaksa dari partai Demokrat, Rosemary Lehmberg, yang mengaku bersalah mabuk ketika menyetir mobil tetapi tidak mau meletakkan jabatan. Kaum Demokrat di Texas menuduh Perry menggunakan ancaman veto untuk memaksa Lehmberg meletakkan jabatan supaya ia dapat mengangkat seorang sekutu politiknya dari Republik untuk menggantikan jaksa tersebut.

XS
SM
MD
LG