Tautan-tautan Akses

Gubernur Punjab Dimakamkan di Bawah Pengamanan Ketat


Upacara pemakaman Gubernur Provinsi Punjab Salman Taseer yang tewas ditembak akibat posisinya menentang UU Penghinaan Agama.

Upacara pemakaman Gubernur Provinsi Punjab Salman Taseer yang tewas ditembak akibat posisinya menentang UU Penghinaan Agama.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan para pejabat senior pemerintah menghadiri acara pemakaman yang berlangsung di Gedung Gubernur, Lahore.

Ribuan orang yang berduka berkumpul di bawah keamanan ketat di Lahore – Pakistan hari Rabu, untuk mengikuti upacara pemakaman gubernur propinsi Punjab Salman Taseer yang tewas dibunuh.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan para pejabat senior pemerintah menghadiri acara pemakaman yang berlangsung di Gedung Gubernur. Ribuan polisi berpatroli di Lahore untuk mencegah terjadinya kekerasan.

Salman Taseer tewas ditembak mati hari Selasa di Ismabad. Tersangka – salah seorang pengawalnya yang diketahui bernama Mumtaz Qadri – mengaku membunuh gubernur tersebut karena menentang sebuah UU Penghinaan Agama yang kontroversial di Pakistan.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan penyelidikan sudah dimulai untuk memastikan apakah pelaku pembunuhan itu bertindak sendirian atau sebagai bagian dari organisasi yang lebih luas. Hari Rabu, 500 cendekiawan agama berhaluan konservatif mengeluarkan sebuah pernyataan yang memuji pembunuhan tersebut, dan memperingatkan bahwa siapapun yang menentang UU Penghinaan Agama tersebut juga bisa dibunuh.

Salem Taseer adalah anggota Partai Rakyat Pakistan yang berkuasa, yang kini berjuang untuk tetap berkuasa setelah pembelotan salah satu mitra utamanya dalam koalisi itu.

XS
SM
MD
LG