Tautan-tautan Akses

Gubernur Pakistan Tewas Ditembak di Islamabad


Mumtaz Qadr dari Komando Pasukan Elit Pakistan ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Salman Taseer.

Mumtaz Qadr dari Komando Pasukan Elit Pakistan ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Salman Taseer.

Salman Taseer ditembak mati di Islamabad, Selasa pagi, karena oposisinya yang keras terhadap hukum penghinaan yang kontroversial di Pakistan.

Gubernur Provinsi Punjap, Pakistan, telah ditembak mati oleh salah seorang pengawalnya.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan Salman Taseer ditembak mati di Islamabad, Selasa pagi, karena oposisinya yang keras terhadap hukum penghinaan yang kontroversial di Pakistan. Kata Menteri, pembunuh Taseer ditahan dan telah mengaku.

Taseer adalah anggota penting Partai Rakyat Pakistan yang berkuasa, dan dekat dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari. Posisinya bersifat seremonial tapi pembunuhannya merupakan pembunuhan pejabat terkemuka pertama di Pakistan sejak mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto dibunuh pada Desember 2007. Pemerintah Pakistan mengumumkan masa berkabung resmi selama tiga hari menyusul pembunuhan Taseer.

Taseer menentang hukum penghinaan di Pakistan dan serangan terhadapnya terjadi beberapa hari setelah partai-partai keagamaan melakukan protes menentang rencana pemerintah untuk mengubah hukum itu. Para pejabat telah mengatakan pemerintah tidak berencana mengubahnya.

Hukum mengenai penghinaan tersebut mendapat perhatian internasional setelah seorang wanita Kristen dijatuhi hukuman mati November lalu oleh pengadilan atas tuduhan menghina Islam.

XS
SM
MD
LG