Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur Negara Bagian Wisconsin Pertahankan Jabatannya


Gubernur Wisconsin, Scott Walker berhasil mempertahankan jabatannya setelah mengalahkan pesaingnya Tom Barret dalam pemilu khusus di Waukesha, Wisconsin (5/6).

Gubernur Wisconsin, Scott Walker berhasil mempertahankan jabatannya setelah mengalahkan pesaingnya Tom Barret dalam pemilu khusus di Waukesha, Wisconsin (5/6).

Gubernur negara bagian Wisconsin, Scott Walker telah mengalahkan lawannya dalam pemilu yang bertujuan memberhentikannya dari jabatan Gubernur.

Para pengamat mengatakan hasil pemilu khusus untuk memberhentikan Gubernur Wisconsin itu mempunyai makna dalam pemilihan presiden bulan November mendatang.

Setelah hampir semua perolehan suara dihitung, Walker dengan mudah mengalahkan Walikota Milwaukee Tom Barrett dengan selisih di atas 10 persen jumlah suara. Barret yang dikalahkan Walker dalam pemilu tahun 2010, mengakui kekalahannya beberapa jam setelah TPS ditutup.

Tidak lama setelah memangku jabatan, Walker mendorong lolosnya undang-undang yang dengan tajam mengurangi hak pegawai pemerintah negarabagian untuk merundingkan secara kolektif kenaikan gaji dan tunjangan lain, menimbulkan kemarahan serikat buruh dan para aktivis Partai Demokrat. Undang-undang itu memicu protes besar selama beberapa hari di gedung pemerintah negarabagian di Madison. Kampanye massa sebelumnya tahun ini mengumpulkan hampir satu juta tandatangan untuk memaksakan penyelenggaraan pemilu segera untuk menggantikan gubernur Walker.

Dalam pidato kemenangannya, Walker mengatakan kepada para pendukungnya rakyat Wisconsin menyetujui kepemimpinannya.

Walker adalah gubernur pertama dalam sejarah Amerika yang menang dalam pemilu khusus yang diadakan untuk menggantikan gubernur. Dua gubernur lain kalah dalam pemilihan seperti itu, antara lain Gubernur California Gray Davis yang digulingkan tahun 2003 dan digantikan oleh bintang film Hollywood Arnold Schwarzenegger.

Wakil Gubernur Wisconsin Rebecca Kleefisch dari Partai Republik dan tiga Senator negara bagian dari Partai Republik juga menang dalam pemilu itu. Partai Demokrat tadinya berharap akan dapat merebut paling sedikit satu kursi partai Republik untuk merebut kekuasaan dalam majelis Senat.

Usaha memberhentikan gubernur dan para sekutu eratnya itu mendatangkan dana dan perhatian dari para pendukung partai Republik dan Demokrat dari seluruh Amerika Serikat. Walker berhasil mengumpulkan 30 juta dolar dana untuk melawan usaha para penentangnya, sedangkan calon saingannya Barrett hanya berhasil mengumpulkan empat juta dolar.
XS
SM
MD
LG