Tautan-tautan Akses

Gubernur Maryland Tanda-tangani Legalisasi Pernikahan Gay


Maggie McIntosh, anggota perwakilan dari Baltimore, mengacungkan ibu jarinya setelah pemerintah negarabagian Maryland meloloskan peraturan pernikahan untuk gay di Annapolis (Foto: dok).

Maggie McIntosh, anggota perwakilan dari Baltimore, mengacungkan ibu jarinya setelah pemerintah negarabagian Maryland meloloskan peraturan pernikahan untuk gay di Annapolis (Foto: dok).

Gubernur negara bagian Maryland, bagian timur Amerika, telah menanda-tangani undang-undang yang melegalisasi pernikahan gay.

Gubernur tersebut, Martin O’Malley, seorang Demokrat, menanda-tangani rancangan undang-undang itu hari Kamis di DPR negara bagian itu di Annapolis, beberapa hari setelah rancangan tersebut diluluskan oleh badan lagislatif negara bagian itu.

Undang-undang itu akan mulai berlaku bulan Januari tahun depan, tetapi sebagian penentangnya telah mengatakan mereka akan mengumpul tanda-tangan untuk mengajukan hal tersebut ke referendum bulan November, yang memberi kepada warga kesempatan untuk mendefinisikan pernikahan di Maryland.

Referendum di sejumlah negara bagian, termasuk California, telah menentang pernikahan gay, tetapi angket pendapat umum nasional memberi indikasi bahwa sikap masyarakat sedang bergeser.

Bulan Februari lalu, para anggota legislatif New Jersey menyetujui rancangan pernikahan gay, tetapi gubernur negara bagian itu, Chris Christie, seorang Republik, memvetonya. Ia mengatakan warga sebaiknya memutuskan apakah melegalisasi pernikahan sesama jenis kelamin atau tidak.

Para pendukung rancangan itu dalam badan legislatif New Jersey mempunyai waktu dua tahun untuk memperoleh dukungan yang cukup untuk mengalahkan veto tersebut.

Negara bagian lainnya seperti Conneticut, Iowa, Massachusetts, New Hampshire, New York dan Vermont serta Disct of Columbia, telah mengizinkan pernikahan sesama jenis kelamin. Negara bagian Washington juga telah melegalisasi pernikahan gay, dan undang-undangnya mulai berlaku bulan Juni kecuali tantangan hukum menghentikannya.

XS
SM
MD
LG