Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur California Setujui Undang-Undang Penggunaan Ganja sebagai Obat


Gubernur California, Jerry Brown (Foto: dok).

Gubernur California, Jerry Brown (Foto: dok).

Gubernur California berkerja sama dengan badan legislatif untuk membuat rancangan tersebut, yang akan menciptakan sistem perizinan bagi pekebun ganja, pemilik toko eceran ganja, dan pabrik yang membuat produk ganja. Sistem perizinan itu diperkirakan akan mulai berjalan sebelum tahun 2018.

Gubernur California, Jerry Brown, telah menandatangani paket rancangan yang untuk pertama kalinya akan mengatur perindustrian ganja untuk pengobatan di negara bagian itu menjadi undang-undang, dua puluh tahun setelah penduduk California menyetujui legalisasi ganja untuk tujuan medis.

Brown bekerja erat dengan badan legislatif untuk membuat rancangan tersebut, yang akan menciptakan sistem perizinan bagi pekebun ganja, pemilik toko eceran ganja, dan pabrik yang membuat produk ganja. Sistem perizinan itu diperkirakan akan mulai berjalan sebelum tahun 2018.

Undang-undang itu juga mengizinkan pemerintah setempat melarang atau menarik pajak bagi kegiatan usaha niaga yang berhubungan dengan ganja.

Brown mengatakan undang-undang itu akan memastikan “sistem pelacakan yang kuat” untuk pertanian dan penyaluran ganja dan menyebut peraturan itu “sudah lama tertunda.”

California merupakan negara bagian pertama di Amerika yang mengizinkan ganja untuk pengobatan pada tahun 1996, tetapi rancangan yang disetujui rakyat melalui pemungutan suara tidak memberi pedoman bagaimana pejabat negara bagian harus memantau industri itu atau bagaimana pasien yang sakit memperoleh ganja.

Rakyat pemilih California diperkirakan akan memutuskan tahun depan mengenai apakah akan melegalisasi ganja untuk penggunaan rekreasi. Beberapa negara bagian di Amerika telah menyetujui referendum yang melegalisasi penggunaan ganja untuk rekreasi termasuk Alaska, Colorado dan Washington.

Ganja tetap dilarang pemerintah federal. Namun pemerintahan Obama telah mengatakan mereka tidak akan menentang undang-undang negara bagian yang melegalisasi penggunaan ganja untuk rekreasi dan medis, asalkan mereka mengikuti prioritas penegak hukum federal, termasuk menghambat akses bagi remaja dan mencegah komplotan penjahat memperoleh laba dari perdagangan ganja. [gp]

XS
SM
MD
LG