Tautan-tautan Akses

Gubernur Bank Sentral AS Dukung Kenaikan Suku Bunga


Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Janet Yellen (foto: dok).

Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Janet Yellen (foto: dok).

Awal pekan ini, Direktur Federal Reserve unuk wilayah Dallas, Texas, Robert Kaplan mengatakan ia mengharapkan setidaknya dua kenaikan suku bunga tahun 2016 ini.

Serangkaian pidato yang berturut-turut oleh para anggota Bank Sentral Amerika meningkatkan kemungkinan bahwa pembuat kebijakan bank sentral mungkin mengisyaratkan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Awal pekan ini, Direktur Federal Reserve Dallas, Robert Kaplan mengatakan ia mengharapkan setidaknya dua kenaikan suku bunga pada tahun 2016.

Pada hari Kamis (26/5), anggota dewan gubernur Bank Sentral Jerome Powell mengatakan, meskipun ada risiko global dan pertumbuhan stabil , tetapi - tidak luar biasa di Amerika, - keadaan lapangan kerja yang membaik - dan naiknya inflasi menunjukkan bahwa "kenaikan suku bunga lagi mungkin langkah yang tepat".

Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Janet Yellen mungkin akan mengeluarkan tanggapan pada Jumat, pada waktu dia menghadiri upacara pemberian penghargaan di Universitas Harvard.

Suku bunga acuan bank sentral, atau bunga yang dikenakan pada bank atas pinjaman jangka pendek, tetap mendekati rekor terendah sejak akhir krisis keuangan untuk merangsang ekonomi dan meningkatkan penerimaan pegawai.

Kenaikan suku bunga terakhir Bank Sentral AS adalah pada bulan Desember tahun lalu. Sejak itu, pertumbuhan lesu di seluruh dunia dan meningkatnya gejolak di pasar keuangan, telah menunda langkah untuk memperketat atau menormalkan kebijakan moneter Amerika. [sp]

XS
SM
MD
LG