Tautan-tautan Akses

Gubernur AS Lakukan Kunjungan Tak Resmi ke Korea Utara


Politisi Amerika Bill Richardson (foto: dok) memenuhi undangan dari perunding nuklir Korea Utara.

Politisi Amerika Bill Richardson (foto: dok) memenuhi undangan dari perunding nuklir Korea Utara.

Bill Richardson, Gubernur New Mexico, sedang dalam perjalanan menuju Korea Utara dengan tujuan untuk sedikit menenangkan negara itu.

Politisi Amerika Bill Richardson dalam perjalanan ke Korea Utara dalam misi diplomatik pribadi untuk meredakan ketegangan antara Pyongyang dan Korea Selatan.

Richardson tiba di Beijing, Kamis, dalam persinggahan sebelum bertolak menuju Korea Utara.. Sebelum meninggalkan Amerika, Richardson mengatakan kepada wartawan bahwa tujuannya adalah untuk sedikit menenangkan Korea Utara setelah serangan maut artileri bulan lalu terhadap sebuah pulau Korea Selatan.

Richardson adalah mantan Duta Besar AS di PBB dan sekarang menjabat Dubernur New Mexico. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Energi yang bertanggung-jawab atas program nuklir Amerika Serikat.

Kim Gye Gwan, perunding nuklir Korea Utara, mengundang Richardson dalam perundingan enam negara mengenai program nuklir Korea Utara. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Richardson tidak akan menyampaikan pesan apapun kepada Pyongyang dari pemerintahan Obama.

XS
SM
MD
LG