Tautan-tautan Akses

AS

Grup Sirkus AS Hilangkan Atraksi Gajah


Atraksi gajah pada pertunjukan grup sirkus 'Ringling Brothers Barnum & Bailey' (foto: dok).

Atraksi gajah pada pertunjukan grup sirkus 'Ringling Brothers Barnum & Bailey' (foto: dok).

Grup sirkus AS 'The Ringling Brothers dan Barnum & Bailey Circus' Kamis (5/3) mengatakan bahwa mulai tahun 2018 tak akan menampilkan pertunjukan gajah.

Sirkus keliling yang paling terkenal di Amerika hari Kamis (5/3) mengatakan bahwa mulai tahun 2018 tidak lagi akan menampilkan pertunjukan gajah Asia yang telah dilakukan selama seabad, tunduk pada semakin berkembangnya keprihatinan masyarakat tentang bagaimana binatang raksasa itu diperlakukan.

Grup sirkus itu, The Ringling Brothers dan Barnum & Bailey Circus, menggunakan 13 ekor gajah dalam tiga kelompok pertunjukan keliling ke 115 kota setiap tahun. Selama beberapa dekade, gajah telah ditampilkan dalam parade ketika sirkus Ringling tiba di kota dan kemudian memainkan peran penting dalam setiap acaranya.

Bahkan kini, perusahaan induk Ringling, Feld Entertainment, memiliki gajah yang ditonjolkan di situs web-nya, dengan tulisan di kepala gajah yang menyatakan bahwa sirkus itu sebagai “pertunjukan terbaik di dunia.”

Selama bertahun-tahun, sirkus Ringling telah menolak kecaman bahwa perusahaan itu menganiaya binatang. Namun eksekutif perusahaan itu mengakui para penonton telah menyuarakan keprihatinan tentang sirkus itu yang berkeliling dengan binatang-binatang pertunjukannya.

Tapi wakil presiden Feld Entertainment, Stephen Payne, mengatakan kepada VOA "kami mulai merasakan pergeseran pandangan" di antara penonton yang khawatir tentang cara sirkus mengangkut hewan itu dari kota ke kota.

Perusahaan itu juga mencatat beberapa negara bagian di AS telah mengeluarkan peraturan "anti-sirkus" atau "anti-gajah" yang mempersulit rencana pertunjukan sirkus, menciptakan apa yang disebut Payne sebagai "peraturan tambal sulam yang terus berubah."

Payne mengatakan, "Kami tidak ingin melawan pemerintah kota."
Ringling mengatakan setelah penggunaan gajah untuk sirkus dihentikan, hewan-hewan itu akan bergabung dengan 29 gajah lain milik perusahaan itu yang di tempatkan di sebuah fasilitas di bagian selatan negara bagian Florida, yang digunakan sebagai pusat penelitian gajah, dan tempat lahirnya 26 gajah dalam beberapa tahun terakhir, dan tempat pensiun bagi gajah-gajah tua.

Payne mengatakan Feld Entertainment perlu memperluas fasilitas di Florida itu sebelum dapat menampung gajah-gajah yang kini masih tampil dalam sirkus tersebut.

XS
SM
MD
LG