Tautan-tautan Akses

Grammy Awards ke-57 Digelar di Los Angeles

  • Made Yoni

Pharrell Williams tampil dalam pesta pra-Grammy di Hollywood Palladium (5/2).

Pharrell Williams tampil dalam pesta pra-Grammy di Hollywood Palladium (5/2).

Pada kategori utama, Pharell, Beyoncé dan penyanyi pendatang baru asal Inggris, Sam Smith bersaing dalam perolehan penghargaan Grammy tahun ini.

Ajang penghargaan tahunan industri musik paling bergengsi di Amerika Serikat, Grammy Awards, kembali diselenggarakan di Los Angeles, California, Minggu (8/2) waktu setempat.

Sebanyak 83 kategori penghargaan diberikan kepada para musisi, penyanyi dan kelompok musik serta produser rekaman -- 70 kategori penghargaan diserahkan kepada para pemenang tahun ini dari gedung Nokia Theatre sementara penyerahan 13 penghargaan diserahkan dalam acara yang disiarkan langsung oleh jaringan televisi kabel CBS dari gedung Staples Centre yang terletak di dekat Nokia Theatre.

Dalam acara penyerahan menjelang penyerahan utama, kelompok The Band Perry memenangkan kategori Duo Country Terbaik lewat lagu "Gentle on My Mind", sementara Penampilan Solo Country Terbaik diraih Carrie Underwood lewat lagu "Something In the Water". Tony Bennet dan Lady Gaga membawa pulang penghargaan Album Pop Vokal Tradisional Terbaik lewat album "Cheek To Cheek."

Pada kategori utama, Pharell, Beyoncé dan penyanyi pendatang baru asal Inggris, Sam Smith bersaing dalam perolehan penghargaan Grammy tahun ini masing-masing dengan enam nominasi penghargaan termasuk untuk Album Terbaik. Taylor Swift, Sia, Meghan Trainor, Sam Smith juga bersaing untuk memenangkan penghargaan Lagu Terbaik.

Sejumlah penyanyi dan musisi meramaikan acara penyerahan kategori terpopuler yang disiarkan langsung ini. Rihanna, Kanye West dan Paul McCartney bersama-sama membawakan lagu Four Five Seconds demikian juga Ariana Grande, Sia dan Coldplay ikut memeriahkan malam penghargaan bergengsi ini.

Selama satu minggu menjelang puncak penghargaan Grammy, beberapa acara lain terkait Grammy Awards ke 57 juga diselenggarakan di Los Angeles, seperti pengahargaan MusiCares Person of The Year (2/7) yang tahun ini diberikan kepada musisi dan penyanyi Bob Dyland dalam acara yang dihadiri oleh Presiden Jimmy Carter. Sebelumnya produser musik rekaman terkenal Clive Davis juga menyelenggarakan acara pra Grammy yang dihadiriAlicia Keys, Christina Aguilera dan Jennifer Hudson.

XS
SM
MD
LG