Tautan-tautan Akses

Google Yakin Tiongkok Setujui Perpanjangan Lisensi


Dirut perusahaan Google, Erick Scmidt.

Dirut perusahaan Google, Erick Scmidt.

Kepala eksekutif Google, Eric Schmidt memperkirakan lisensi untuk beroperasi di Tiongkok akan diperbarui.

Kepala eksekutif perusahaan internet Google yang berbasis di Amerika mengatakan, pihaknya memperkirakan lisensi perusahaan itu untuk beroperasi di Tiongkok akan diperbarui, meskipun sempat terjadi sengketa baru-baru ini mengenai masalah penyensoran.

Eric Schmidt mengungkapkan hal itu hari Kamis pada sebuah konferensi media dan teknologi di kota peristirahatan Sun Valley, Idaho.

Namun, Schmidt juga mengatakan dia tidak tahu kapan Beijing akan membuat keputusan terakhir mengenai permohonan lisensi Google, yang diajukan pekan lalu.

Google mengumumkan bulan Januari bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Tiongkok disebabkan undang-undang penyensoran negara itu dan upaya untuk membobol akun email para aktivis hak azasi.

Perusahaan itu mulai mengalihkan rute para pengguna ke situs pencariannya yang tidak disensor di Hongkong bulan Maret. Tetapi pihak berwenang Tiongkok mengancam akan mencabut lisensi operasi Google jika Google terus mengalihkan rute para pengguna ke situs di Hongkong itu.

XS
SM
MD
LG