Tautan-tautan Akses

Google: Serangan Online Hantam Aktivis Vietnam


Markas Besar Google di Sillicon Valley, California.

Markas Besar Google di Sillicon Valley, California.

Teknisi dalam sebuah pernyataannya di internet mengatakan serangan itu khususnya ditujukan untuk membungkan tentangan terhadap usaha penambangan bauksit di negara itu.

Perusahaan internet yang berkantor pusat di Amerika, Google, mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi beberapa serangan komputer yang ditujukan untuk membungkam para penentang proyek tambang Vietnam yang melibatkan perusahaan besar Tiongkok.

Perusahaan keamanan komputer McAfee, yang mendeteksi serangan itu, mengatakan para pelaku kejahatan itu mungkin terkait pemerintah Vietnam. Sementara itu, Google mengatakan serangan itu menggunakan piranti lunak jahat yang berpotensi menggangu akses puluhan ribu pemakai internet.

Teknisi Google Neel Mehta dalam sebuah pernyataannya di internet mengatakan serangan itu khususnya ditujukan untuk membungkan tentangan terhadap usaha penambangan bauksit di negara itu. Sejauh ini, pihak berwenang Vietnam belum memberikan komentar.

Pemerintah Vietnam belakangan ini berusaha keras memajukan rencana untuk menambang dan memproduksi bauksit di kawasan Central Highlands. Usaha ini dijalanakan dengan menjalin kemitraan dengan Chinalco, anak cabang perusahaan alumunium milik pemerintah Tiongkok.

Tentangan terhadap proyek tambang itu meluas di Vietnam. Banyak orang mengkhawatirkan kemungkinan kerusakan lingkungan yang disebabkan proyek itu, sementara lainnya mencurigai maksud Tiongkok di balik proyek itu, mengingat kedua negara pernah mengalami ketegangan selama berabad-abad.

XS
SM
MD
LG