Tautan-tautan Akses

Google Minta Bantuan Rumuskan 'Hak untuk Dilupakan'


Eric Schmidt, CEO Google (foto: dok).

Eric Schmidt, CEO Google (foto: dok).

“Hak Untuk dilupakan” memungkinkan warga Eropa minta data internet yang tidak relevan dan memalukan tentang diri mereka dicabut dari tautan Google.

Ketua dewan direksi raksasa situs pencari Google telah meminta panel pakar untuk membantu perusahaan itu menentukan dan melaksanakan lebih baik lagi keputusan pengadilan mengenai “Hak Untuk dilupakan” yang memungkinkan warga Eropa minta data internet yang tidak relevan dan memalukan tentang diri mereka dicabut.

Berbicara hari Selasa (9/9) di Casa de America di Madrid, Eric Schmidt menekankan perlunya untuk menyeimbangkan hak memperoleh informasi dengan hak privasi setelah dewan penasehat itu mendengar kesaksian para pakar Spanyol mengenai privasi dan hak untuk memperoleh informasi.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Google telah menerima lebih dari 120 ribu permintaan untuk menghentikan 457 ribu tautan, sejak sebuah pengadilan bulan Mei memutuskan warga Eropa bisa meminta untuk mencabut informasi pribadi yang muncul lewat pencarian dengan menggunakan nama mereka.

Sampai hari Selasa, Google tidak bisa memberi informasi mengenai jumlah permintaan yang disetujui untuk di-nonaktifkan dan berapa banyak yang ditolak tapi mengatakan akan segera mengeluarkan informasi tersebut.

XS
SM
MD
LG