Tautan-tautan Akses

Google Kembali Membeli Perusahaan Robotika


Robot Boston Dynamics BigDog terlihat memanjat tumpukan puing. Perusahaan ini baru saja dibeli oleh raksasa teknologi Google.

Robot Boston Dynamics BigDog terlihat memanjat tumpukan puing. Perusahaan ini baru saja dibeli oleh raksasa teknologi Google.

Google baru membeli Boston Dynamics, pembuat robot untuk militer Amerika, menjadikannya perusahaan robotik kedelapan yang dibeli oleh Google.

Google kembali membeli perusahaan robotika – yang merupakan perusahaan robotika kedelapan yang dibeli oleh Google baru-baru ini – menjadikannya terdepan dalam industri robotika.

Perusahaan yang baru dibeli adalah Boston Dynamics, pembuat robot untuk militer Amerika, termasuk Cheetah, robot yang bisa berlari tercepat di dunia dan juga mesin-mesin yang mirip binatang lainnya.

Google masih tertutup tentang jenis robot yang akan dikembangkan, tapi perusahaan tersebut telah menunjuk Andy Rubin untuk memimpin proyek tersebut. Sebelumnya Andy bertanggung jawab untuk sistem pengoperasian Google yang populer, Android.

Dalam sebuah pernyataan di halaman Google+ nya, salah satu pendiri Google Larry Page menulis tentang pembelian Boston Dynamics, “Saya senang tentang proyek terbaru Andy Rubin. Proyek terakhirnya, Android, dimulai sebagai ide gila yang akhirnya menjadi komputer super yang ada di ratusan juta kantong orang. Memang masih terlalu awal, tapi saya sudah tidak sabar untuk melihat perkembangannya.”

Nilai pembelian Boston Dynamics belum diumumkan.

Boston Dynamics didirikan pada tahun 1992 dan umumnya mengembangkan robot-robot untuk Badan Riset Penelitian Lanjutan milik Pertahanan Militer Amerika, atau DARPA. Banyak robot-robot seperti BigDog dan WildCat, menjadi terkenal lewat video di YouTube yang menunjukkan mereka sedang beraksi.

Beberapa analis mengatakan keterlibatan Google dalam industri robotik artinya Google mencoba mengembangkan robot yang bisa mengirimkan barang ke rumah dan kantor. Amazon baru-baru ini mengusulkan mengembangkan drone robotik yang bisa melakukan hal tersebut, tapi analis mengatakan robot Google kemungkinan mengirimkan barang dalam kendaraan yang bisa beroperasi sendiri - teknologi yang sedang dikembangkan Google di markas besarnya di California.

Google baru memulai bereksperimen dengan pengiriman barang-barang kebutuhan rumah tangga di wilayah San Francisco Bay yang dikenal dengan Google Shopping Express.

Tim robotik Google akan berkantor di Palo Alto, California, dengan sebuah kantor di Jepang, negara pemimpin di industri robotik.

"Saya rasa robotik adalah bidang yang sesuai," Rubin mengatakan pada New York Times. "Kami membuat hardware, kami membuat software. Kami membuat sistem, jadi satu tim bisa mengerti semuanya."

Perusahaan yang telah dibeli Google adalah acquired are Autofuss, Bot & Dolly, Holomni, Industrial Perception, Meka Robotics, Redwood Robotics dan Schaft.

Di bawah ini video robot Boston Dynamics, Atlas, robot anthropomorphic yang dirancang untuk beroperasi di medan keras.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG