Tautan-tautan Akses

Google Kaji Permintaan Kaburkan Peta Pulau Kecil di Laut China Selatan


Pulau Taiping di Laut China Selatan (sumber: Google Earth).

Pulau Taiping di Laut China Selatan (sumber: Google Earth).

Google mengatakan, pihaknya sedang mengkaji permintaan dari Taiwan untuk mengaburkan gambar satelit dari pulau kecil di Laut China Selatan.

Juru bicara Google mengatakan kepada VOA Kamis (22/9), pihaknya mempertimbangkan keprihatinan keamanan secara sangat serius” dan “selalu bersedia membahasnya dengan lembaga dan pejabat publik.” Tetapi Google mengingatkan, pembicaraannya dengan pemerintahan belum pernah mengarah pada pengaburan gambar di peta.

Google Earth memperlihatkan pulau kecil dengan ukuran 1400 kali 1400 meter secara jelas, termasuk landasan pesawat, pelabuhan, dan tiga kelompok bangunan.

Pengawal pantai Taiwan yang menjaga pulau yang bernama Taiping itu, dalam pernyataannya Kamis mengatakan, “karena Taiping itu penting dari segi jurisdiksi militer, beberapa sarana di pulau itu berada dalam kondisi siaga.”

Google memperagakan gambar satelit lewat Google Maps dan Google Earth. Banyak instalasi pemerintah yang sensitif lainnya, seperti CIA dan markas layanan keamanan Rusia, semuanya diperagakan tanpa pengaburan. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG