Tautan-tautan Akses

Google Beli Pembuat Satelit Skybox Seharga US$500 Juta


Balon dari Project Loon milik Google terbang di atas Tekapo, Selandia Baru. (Foto: Dok)

Balon dari Project Loon milik Google terbang di atas Tekapo, Selandia Baru. (Foto: Dok)

Google berharap dapat membangun lebih banyak satelit untuk mengirimkan akses Internet ke banyak tempat di seluruh dunia.

Google membeli Skybox Imaging dalam perjanjian yang dapat dijadikan sarana bagi perusahaan itu untuk mengirimkan armada satelitnya untuk mengambil gambar dari udara dan menyediakan akses Internet untuk tempat-tempat terpencil di dunia.

Akuisisi senilai US$500 juta yang diumumkan Selasa (10/6) itu awalnya akan memberikan Google sarana untuk meningkatkan kualitas dan kesegeraan gambar satelit yang digunakan dalam peta digitalnya.

Google Inc. berencana menggunakan satelit Skybox yang sudah ada di orbit untuk melengkapi materi yang dimilikinya dari lebih dari 1.000 sumber, termasuk perusahaan-perusahaan satelit lainnya, seperti DigitalGlobe dan Astrium.

Google berharap dapat membangun lebih banyak satelit untuk mengirimkan akses Internet ke banyak tempat di seluruh dunia. Hal itu merupakan pengembangan dari upaya yang dimulainya setahun lalu, saat meluncurkan "Project Loon" -- dimana balon-balon berbentuk ubur-ubur yang dilengkapi antena untuk membawa akses Internet ke beberapa bagian dunia tanpa harus ada kabel. (AP)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG