Tautan-tautan Akses

Golongan Republik Kongres AS Umumkan Agenda Mereka Bila Raih Mayoritas


Partai Republik menggarisbawahi pengurangan pengeluaran pemerintah federal hingga ke tingkat anggaran tahun 2008 dan mencabut reformasi layanan kesehatan.

Golongan Republik dalam Dewan Perwakilan Rakyat Amerika berencana mengumumkan dokumen kampanye hari ini yang memberi garis besar agenda mereka, sekiranya mereka meraih mayoritas dalam majelis itu dalam pemilu bulan November yang akan datang.

Dokumen kampanye yang berjudul “Janji kepada Amerika” tersebut menetapkan pengurangan pengeluaran pemerintah federal hingga ke tingkat anggaran tahun 2008 dan mencabut reformasi perawatan kesehatan yang diprakarsai Presiden Barack Obama. Janji Partai Republik kepada rakyat Amerika tersebut juga mengusulkan pembekuan penerimaan pegawai pemerintah federal kecuali untuk posisi petugas keamanan.

Gedung parlemen Amerika Serikat, Capitol Hill, di Washington.

Gedung parlemen Amerika Serikat, Capitol Hill, di Washington.

Para tokoh golongan Demokrat dalam DPR segera mengecam rencana Partai Republik tersebut, dengan mengatakan rencana itu akan memperburuk masalah negara. Ketua DPR Nancy Pelosi mengeluarkan pernyataan bahwa golongan Republik ingin kembali ke apa yang disebutnya “kebijakan ekonomi yang telah gagal yang menimbulkan penderitaan jutaan orang Amerika dan mengancam ekonomi Amerika.”

Angket pendapat umum menunjukkan golongan Republik kemungkinan besar akan memenangkan lebih banyak kursi daripada yang mereka peroleh sekarang. Jumlah kursi tersebut kemungkinan cukup untuk merebut mayoritas dalam DPR atau Senat dari rekan separtai Obama, yaitu golongan Demokrat.

XS
SM
MD
LG