Tautan-tautan Akses

Goldman Sachs Bayar 550 Juta Dolar Denda dan Ganti-Rugi


Goldman Sachs Bayar 550 Juta Dolar Denda dan Ganti-Rugi

Goldman Sachs Bayar 550 Juta Dolar Denda dan Ganti-Rugi

Goldman Sach setuju membayar 300 juta dolar kepada pemerintah AS, dan sisanya ganti-rugi kepada para investor yang dirugikan.

Pengawas bursa keuangan Amerika mengatakan bank investasi Goldman Sachs & Co telah setuju membayar denda 550 juta dolar AS dan merombak praktek usahanya, untuk menyelesaikan tuduhan penipuan yang menuduh perusahaan raksasa Wall Street itu mengelabui para penanam modal, dan turut mengakibatkan krisis di sektor perumahan.

Badan Pengawas Pasar Modal Amerika mengeluarkan pengumuman itu hari Kamis. Persetujuan itu mengharuskan Goldman Sach membayar kepada pemerintah AS sebesar 300 juta dolar, dan sisanya untuk membayar ganti-rugi kepada para investor yang kehilangan uang investasi mereka.

Bank investasi itu mengatakan bahwa perusahaan itu telah menerima penyelesaian tanpa mengakui atau membantah tuduhan Badan Pengawas Pasar Modal tadi. Goldman juga mengatakan pihaknya yakin penyelesaian itu adalah hasil yang tepat bagi perusahaan tersebut., pemegang sahamnya, dan kliennya.

Pemerintah mengajukan tuduhan penipuan perdata terhadap Goldman bulan April, dan menuduh perusahaan itu mengelabui para penanam modal dengan menciptakan investasi kredit rumah yang dirancang untuk gagal.

Pemerintah mengatakan salah satu klien Hedge Fund perusahaan itu menghasilkan laba dengan mempertaruhkan nilai investasi akan menurun. Goldman membantah tuduhan tersebut. Kasus itu kabarnya merugikan penanam modal lebih dari 1 milyar dolar.

XS
SM
MD
LG