Tautan-tautan Akses

Golden State Warriors Juara NBA 2015


Para anggota Golden State Warriors merayakan kemenangan mereka dalam final NBA atas Cleveland Cavaliers di Cleveland (17/6). (AP/Paul Sancya)

Para anggota Golden State Warriors merayakan kemenangan mereka dalam final NBA atas Cleveland Cavaliers di Cleveland (17/6). (AP/Paul Sancya)

Warriors memperoleh 25 poin masing-masing dari Stephen Curry, pemain paling berharga NBA dalam musim pertandingan biasa, dan Andre Iguodala.

Golden State Warriors mengalahkan tuan rumah Cleveland Cavaliers 105-97 hari Selasa (16/6) untuk menjuarai liga bola basket Amerika, NBA.

Warriors memperoleh 25 poin masing-masing dari Stephen Curry, pemain paling berharga NBA dalam musim pertandingan biasa, dan Andre Iguodala, untuk membantu Warrior memenangkan seri best of seven dengan angka 4-2, dalam Kejuaraan NBA yang pertama bagi Warrior sejak tahun 1975.

Iguodala, yang menghabiskan sepanjang musim sebagai pemain cadangan sampai pertandingan yang ke empat dalam seri final, ketika Warrior ketinggalan 2-1, dinyatakan sebagai pemain paling berharga atau MVP dalam final.

Pemain bintang LeBron James memimpin Cavaliers dengan 32 poin, 12 rebound dan 9 assist, yang merupakan satu lagi permainan dominan dalam seri kejuaraan itu. Tetapi James bermain tanpa rekan bintangnya Kevin Love, yang cedera pada awal pertandingan semi-final.

Kyrie Irving, yang menderita cedera lutut dalam seri pertandingan pertama final, juga tidak bermain sehingga Cleveland tidak mempunyai seorang lagi pencetak poin yang dominan untuk menghadapi tim Golden State yang mempunyai banyak pemain berbakat, yang memenangkan 67 pertandingan biasa atau babak pertama.

Kekalahan hari Selasa itu sangat pahit bagi James kelahiran Ohio itu, yang memulai karirnya dengan Cavaliers dan kembali ke Cavaliers tahun lalu setelah empat musim pertandingan bermain dalam klub Miami Heat, dimana ia memenangkan dua kejuaraan NBA.

Kekalahan itu juga merupakan satu musim lagi kepedihan bagi para penggemar oleh raga di Cleveland, yang sudah lebih 50 tahun tanpa gelar kejuaraan dari salah satu tim liga utamanya -- Cavaliers, Browns anggota Liga Football Nasional, dan Indians anggota Liga Utama Bisbol.

XS
SM
MD
LG