Tautan-tautan Akses

Gol ke Gawang Aljazair, Paling Istimewa bagi Landon Donovan


Landon Donovan mengatakan, gol tunggal AS itu adalah yang paling menyenangkan dan teristimewa baginya sepanjang karirnya.

Dengan kemenangan 1-0 atas Aljazair dalam pertandingan Piala Dunia terakhir Grup C, kesebelasan Amerika berhasil maju ke putaran kedua turnamen sepakbola paling bergengsi ini di Afrika Selatan.

Ekspresi wajah para fans Amerika cepat berubah pada menit-menit terakhir pertandingan kesebelasan Amerika melawan Aljazair. Kebanyakan dari mereka tahu bahwa Inggris memimpin Slovenia 1-0 dalam pertandingan Grup C lainnya yang sedang dimainkan pada waktu yang sama di Port Elizabeth. Satu gol milik Inggris itu berarti, apabila kesebelasan AS hanya mampu bermain seri dengan Aljazair, mereka akan tersingkir dari Piala Dunia.

Masih ada segelintir harapan ketika diumumkan akan ada empat menit penambahan waktu (injury time). Dan kemenangan Amerika pun jatuh pada menit ke-91 pertandingan, ketika Landon Donovan berhasil mencetak gol. Donovan, pemain yang berusia 28 tahun adalah pencetak gol paling banyak kesebelasan Amerika.

Landon Donovan melambaikan bendera AS setelah menang 1-0 atas Aljazair.

Landon Donovan melambaikan bendera AS setelah menang 1-0 atas Aljazair.

Donovan menceritakan perasaannya setelah mencetak gol kemenangan itu. Ia mengatakan, “(Saat mencetak) gol itu mungkin adalah waktu yang paling menyenangkan bagi saya dalam sebuah pertandingan sepakbola. Dan ketika turnamen ini selesai – semoga pada tanggal 12 Juli – kita akan melihat kejadian tersebut dan menyadari betapa pentingnya gol itu, dengan melihat semuanya, arti, waktu dan betapa dramatisnya gol tersebut. Karena arti dari semua ini bagi tim saya, gol itu adalah hal yang paling istimewa dalam karir saya.”

Belum pernah dalam sejarahnya, Amerika memenangkan pertandingan ketiga dan terakhirnya dalam putaran grup Piala Dunia. Selain dalam Piala Dunia pertama pada tahun 1930, ketika hanya dua pertandingan grup berlangsung, ini adalah pertama kalinya kesebelasan Amerika tidak pernah dikalahkan dalam putaran pertama dan menduduki peringkat pertama grupnya.

Penjaga gawang Tim Howard mengatakan pertandingan luar biasa ini yang berakhir dengan kemenangan Amerika atas Aljazair, sangat istimewa karena gol yang dicetak pada menit-menit terakhir pertandingan. Howard mengatakan, “Saya berpendapat pertandingan ini yang selesai dengan begitu serunya menarik perhatian para fans di Amerika. Apabila, kami memenangkan pertandingan ini 4-0, saya kira tidak akan semenarik untuk orang-orang di Amerika. Kini mereka sepertinya benar-benar tertarik dan cinta pada tim ini.”

Dalam putaran kedua, yang merupakan permulaan dari babak eliminasi dimana sebuah pertandingan tidak boleh berakhir dengan seri, Amerika akan bertemu dengan Ghana. Ghana mengalahkan Amerika dalam pertandingan terakhir grup pada Piala Dunia di Jerman yang menyingkirkan Amerika dari turnamen itu.

XS
SM
MD
LG