Tautan-tautan Akses

Gloria, Emilio Estefan Rayakan Kesuksesan Imigran di Dunia Musik


Gloria Estefan (kiri) dan Emilio Estefan saat menghadiri acara Tony Awards di Radio City Music Hall, New York (foto: dok).

Gloria Estefan (kiri) dan Emilio Estefan saat menghadiri acara Tony Awards di Radio City Music Hall, New York (foto: dok).

Musisi suami-istri, Emilio dan Gloria Estefan akan mempertunjukkan biografi musik “On Your Feet” di Broadway dalam musim gugur ini.

Adanya beberapa kandidat calon presiden Amerika yang dalam kampanyenya menjelek-jelekkan kaum imigran, membuat pasangan musisi yang juga imigran – Gloria dan Emilio Estefan – berharap bisa menunjukkan sisi positif yang dibawa para imigran dengan pertunjukan musik spektakuler.

Gloria dan Emilio Estefan akan mempertunjukkan biografi musik “On Your Feet” di Broadway dalam musim gugur ini. Pertunjukkan ini akan memperlihatkan bagaimana dua warga Amerika keturunan Kuba mewujudkan “American Dream” dan telah mendapat begitu banyak penghargaan Grammy Awards yang bahkan cukup untuk memenuhi sebuah kolam renang.

“Kami telah cukup lama berada di Amerika dan mengikuti beberapa siklus pemilu. Setiap kali pemilu berlangsung, muncul ketakutan!”, ujar Gloria Estefan. “Pertunjukkan kami perlu untuk mengingatkan orang bahwa kita semua adalah orang biasa saja”.

Pertunjukkan musik itu akan menampilkan lagu-lagu Estefan yang menjadi hits seperti “1-2-3”, “Turn the Beat Around” dan “Conga” untuk mengisahkan bagaimana penyanyi dan produser musik ini bertemu, bersaing untuk meraih sukses, menangani percekcokan keluarga dan mengatasi dampak akibat kecelakaan bis yang hampir merenggut nyawa Gloria.

“On Your Feet” akan mengisahkan secara khusus bagaimana dua orang yang meninggalkan tanah kelahiran mereka, memulai hidup baru di Miami dan menjadi musisi terkenal di dunia. Tetapi Gloria dan Emilio Estefan mengatakan pertunjukkan ini juga merupakan perayaan sebuah bangsa yang terdiri dari para imigran.

“Tidak peduli dari mana kita berasal. Kecuali penduduk asli Indian di Amerika, kita bukan berasal dari Amerika. Dalam perjalanan hidup kita, kita berasal dari negara lain”, ujar Gloria Estefan yang telah menjual lebih dari 100 juta kopi album musiknya. “Selalu saja pendatang terbaru yang terkena dampaknya”, tambahnya.

“On Your Feet” dipertunjukkan ketika beberapa kandidat calon presiden dari Partai Republik mengecam imigran Meksiko dan warga Muslim. “Satu hal yang tidak diingat orang-orang itu adalah kita tidak berada di negara ini hanya untuk bersenang-senang. Kita ingin memberi sumbangsih”, ujar Emilio Estefan yang telah membimbing beberapa musisi ternama seperti Shakira, Ricky Martin dan Jennifer Lopez.

Meskipun pasangan suami-istri ini mengakui bahwa kisah hidup mereka tidak mencakup drama sebagaimana pertunjukkan musik lain, misalnya terjebak dalam narkoba atau perselingkuhan dan pembunuhan, tetapi menurut keduanya pertunjukkan ini akan disukai penonton.

Emilio berharap beberapa kisah hidupnya bisa menjadi ilham. Di SMA saya pernah bertanya pada guru saya, apakah saya bisa belajar musik, tetapi ia bilang saya terlalu tua. “Kini saya sudah memenangkan 19 Grammy Awards! Jadi jangan biarkan orang lain mengubah hidup kita. Lakukan apa yang terbaik bagi Anda”, ujar Emilio Estefan.

Anggota tim pertunjukkan “On Your Feet” ini luar biasa, karena mencakup sutradara drama “Kinky Boots” – Jerry Mitchell, koregrafer drama “Memphis” – Sergio Trujillo dan penulis buku yang telah dijadikan film “Birdman” – Alexander Dinelaris. [em/ii]

XS
SM
MD
LG