Tautan-tautan Akses

AS

Giuliani, Gingrich, Christie Diperkirakan Masuk dalam Kabinet Trump


Rudy Giuliani, mantan walikota New York diperkirakan akan menduduki jabatan Jaksa Agung (foto: dok).

Rudy Giuliani, mantan walikota New York diperkirakan akan menduduki jabatan Jaksa Agung (foto: dok).

Wakil Presiden terpilih Mike Pence akan memimpin tim transisi Trump, bukan Gubernur New Jersey Chris Christie, yang telah menjalankan transisi selama ini.

Presiden Amerika terpilih, Donald Trump bertemu Jumat dengan banyak penasihat di apartemennya Trump Tower di kawasan Manhattan membahas susunan pemerintahan baru. Dia mengatakan di Twitter, "akan segera membuat beberapa keputusan yang sangat penting tentang siapa-siapa yang akan menjalankan pemerintah kita!."

Media AS melaporkan Jumat (11/11) bahwa wakil presiden terpilih Mike Pence akan memimpin tim transisi Trump, bukan Gubernur New Jersey Chris Christie, yang telah menjalankan transisi selama ini.

Trump dilaporkan mengatakan kepada penasihatnya, bahwa dia ingin menggunakan pengalaman Pence di Washington untuk membantu transisi yang cepat pada bulan Januari.

Trump memiliki sekitar 70 hari untuk memutuskan kabinet yang beranggotakan 15 orang serta staf tinggi lain untuk pemerintahannya. Beberapa penasihat dekatnya telah disebut sebagai pilihan untuk mengisi posisi kunci, di antaranya: Rudy Giuliani, mantan walikota New York yang dikenal atas usahanya untuk menyatukan kota setelah peristiwa serangan teroris 11 September 2001 yang menghancurkan World Trade Center. Dia telah menjadi penasihat informal kampanye Trump dan sering menjadi juru bicara untuk kampanye dengan berbagai media. Dia adalah orang pertama yang disebut oleh Trump dalam pidato menerima pemilihannya. Giuliani adalah seorang pengacara yang kemungkinan akan menjadi Jaksa Agung.

Selain itu, Newt Gingrich, mantan Ketua DPR adalah arsitek dari "Kontrak dengan Amerika" 1994 yang membuat Partai Republik merebut dominasi DPR setelah beberapa dasawarsa didominasi Partai Demokrat.

Gingrich sejak awal mendukung Trump dan sempat disebut sebagai calon wakil presiden. Sejak meninggalkan DPR, Gingrich menjadi pakar strategi yang berpengaruh Partai Republik dan pada tahun 2011 mengikuti nominasi calon presiden dari Partai Republik. Dia telah disebut mungkin sebagai Menteri LN atau kepala staf Gedung Putih.

Di samping dua nama tadi, terdapat pula Chris Christie, Gubernur New Jersey yang cepat memberi dukungan kepada Trump setelah nominasi partai Republik. Christie mungkin akan dijadikan jaksa agung atau Menteri Perdagangan. [ps/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG